Wapres: Gaji Kurang, Penghasilan Banyak?

Wapres: Gaji Kurang, Penghasilan Banyak?
Jusuf Kalla (Foto: Pribumi News)
2 minute read

“Apabila anda berasa belum puas dengan apa yang anda miliki sekarang, maka anda tidak berasa puas walaupun dunia seluruhnya menjadi milik anda.” – Seneca


PinterPolitik.com

Baru-baru kan ini ada berita viral anak lulusan UI katanya tolak gaji Rp 8 juta karena merasa jumlah segitu menurutnya kekecilan.

Ternyata, bukan dia aja gengs yang merasa kayak gitu. Ada juga pejabat yang merasa gajinya tuh kurang. Nah, salah satunya ternyata adalah Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) gengs.

Soalnya di acara rakernas Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi), JK sendiri mengakui kalau gaji wapres itu nggak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya loh.

Padahal kalau lihat di UU No. 7 Tahun 1978, kayaknya gaji wapres itu termasuk gede juga deh. Kan gaji wapres itu 4 kali lipat dari gaji tertinggi pejabat RI, yang mana gaji tertinggi pejabat aja Rp 5.040.000. Jadi kalau diitung-itung wapres itu dapat gaji Rp 20.160.000 per bulan. Itu belum termasuk jumlah tunjangan-tunjangan yang lain loh ya.


Emang sih gaji segitu nggak cukup menghidupi 1 istri, 5 anak dan 15 cucu. Ibaratnya kayak “cantik” itu relatif, yang namanya “cukup” itu juga relatif sih. Upss.

Oh, terus jangan lupa juga nih kalau wapres tuh dikasih fasilitas dan juga tunjangan jabatan gengs.

Nggak cuma itu aja, malahan aing juga pernah denger kalau pejabat-pejabat negara itu tuh juga suka dapet “penghasilan” lain loh. Nah, penghasilan ini beda lagi loh dari tunjangan jabatan. Hehe.

Kalau tunjangan jabatan buat wapres itu kan sekitar Rp 22.000.000 per bulan. Ini ada di Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001 loh ya. Sementara, kalau penghasilan yang aing maksud tadi itu jumlahnya adalah rahasia. Upss.

Wahh. Berarti seenggaknya kalau ditotal JK minimal nerima uang sekitar Rp 42 juta juga lah ya.

Eh, tapi kalau Pak JK mau bilang gaji wapres itu kurang, harusnya Pak JK transparan juga dong untuk jelasin berapa jumlah gajinya dan berapa jumlah “penghasilan” yang katanya rahasia itu.

Kalau udah transparan gitu kan jadi bisa diperkirakan berapa jumlah uang yang diterima Pak JK sebagai Wapres dengan jumlah pengeluaran Pak JK setiap bulannya. Hehehe.

Hmm. Kalau JK sebagai orang nomor 2 di Indonesia yang dapat gaji dan “penghasilan” segitu aja merasa gajinya kurang, gimana aing yang hanya rakyat jelata ini ya? Huhuhu. (R50)

► Ingin video menarik lainnya? Klik di: http://bit.ly/PinterPolitik