Utang Negara Melonjak, JK Woles

Utang Negara Melonjak JK Woles
Jusuf Kalla. (Foto: Kabar News)
2 minute read

“Berbahagialah generasi muda, karena merekalah yang akan mewarisi utang bangsa.” ~Herbert Hoover


PinterPolitik.com

Gali lubang tutup lubang, begitulah negeri ini membangun diri. Kalau kata Prabowo Subianto, utang negara terus naik Rp 1 Triliun setiap harinya. Perlu khawatir nggak nih? Santai, kan ada Mikrofon Pelunas Utang. Wkwkwkwk.

Lagian ngapain panik? Jangan! Buang-buang energi. Wong pemerintah woles aja. Malah kalau kata Wakil Presiden Jusuf Kalla, mau berapapun besar utangnya, kita masih sanggup bayar! Mantap nggak tuh?

Daripada mikirin utang negara, mending mikirin nasib buku tabungan sendiri aja gaes, lebih memprihatikan lahir batin kayaknya tuch. Hiks

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, total utang pemerintah pada Juli 2018 mencapai Rp 4.253 triliun, naik Rp 26 triliun dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan dibandingkan posisi akhir tahun lalu, total utang tersebut naik Rp 314 triliun.

Hmmm, sampai ribuan triliun, banyak juga ya. Mulai panik… inhale exhaleHuffttt…

Utang negara nambah terus? Indonesia mampu bayar! Pak JK jamin! Hehehe Click To Tweet

JK menjelaskan, setiap negara pasti butuh dana atau modal untuk melakukan pembangunan. Nah, kalau dananya kurang, mau nggak mau harus ngutang. Kalo nggak ngutang, gimana jalan tol bisa dibangun? Gimana pemerintah mendirikan bandara perintis? Gimana MRT bisa kelar 20 hari sebelum Pilpres 2019? Gimana? Mau pamer hasil kerja apa pas kampanye nanti? Ehhh, moon maap, lupa ngerem nih sahabat…

Pemerintahan saat ini suka yang cepat-cepat. Kerja nyata gitu loh. Utang bertambah nggak masalah, asal rakyat puas. Makannya nggak usah nanya lagi ya, kenapa negara terus defisit? Kenapa dolar naik terus, tapi pemerintah tetap impor banyak bahan baku untuk pembangunan? Kenapa begini kenapa begitu… Semua itu demi kebahagian kamu… iya kamu…

Menurut JK, Indonesia negara yang kuat, nggak sama dengan Venezuela atau Argentina yang tidak bisa bayar utang. Cuma ya waspada aja, kadang harga BBM suka naik diem-diem… Hehehe.

Utang itu ibarat lautan samudera yang tak terbatas. Boleh ngutang berapa pun asal bisa bayar. Negara maju seperti Amerika dan Jepang juga suka ngutang kok. Kalem sayyyy, yang bayar bukan kita kok. Mungkin generasi penerus kita. Ehhh… (E36)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here