Twitter Banjir #SaveAniesBaswedan

saveaniesbaswedan
Anies Baswedan. (Foto: Detik)
2 minute read

“Sesuai dengan konstitusi, semua warga negara sama kedudukannya dalam hukum dan kepemerintahan seharusnya tidak ada perbedaan.” ~Ahmad Suaedy


PinterPolitik.com

Kelanjutan aksi dua jari yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini menjadi sorotan masyarakat. Apalagi ketika Bawaslu Kabupaten Bogor melakukan pemeriksaan, sontak dunia per-twitter-an heboh.

Setelah melakukan pemeriksaan, Bawaslu menyatakan kalau Anies telah menyalahi aturan Pemilu karena mengacungkan jari jempol dan telunjuknya secara bersamaan dalam posisi sebagai pejabat negara di acara partai. Atas hal tersebut, Anies pun terancam hukuman tiga tahun penjara.

Wedeww, ngeri ya? Padahal waktu itu juga ada loh menteri yang mengacungkan satu jari. Ehh beberapa kepala daerah juga pernah loh. Tapi kok nggak ditegur atau dihukum gitu. Padahal jelas itu juga menyalahi aturan. Masa Bawaslu pilih kasih? Ahhh ingin nggak percaya aku tuh. Tapi syulit yaa… Ckckck.

Kalau begini kan jadi terkesan Anies dikriminalisasi. Panteslah twitter akhir-akhir ini jadi banjir hastag #SaveAniesBaswedan. Sempat trending loh gaes. Berarti tandanya apa tuh? Tandanya masyarakat nggak suka melihat ketidak-adilan. Harusnya kalau Anies salah, yang lain kalau melakukan hal yang sama juga salah. Jangan nganu

Coba sekali-sekali Bawaslu buka Twitter, siapa tahu jadi ingat siapa aja yang pernah melakukan hal seperti Anies tapi bebas hukum. Soalnya netizen banyak yang posting foto-fotonya tuh. Ini semoga aja Bawaslu lagi nggak sibuk-sibuk amat gitu ya.

Barangkali Bawaslu pikun, selain Anies banyak juga tuh pejabat yang acungkan jari telunjuk. Hanya meningatkan... Click To Tweet

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo juga ikut angkat bicara. Menurutnya Anies Baswedan nggak akan dihukum karena sudah mengikuti aturan. Anies suda minta izin sama doi sebelum menghadiri acara Konferensi Nasional Partai Gerindra. Harusnya sih nggak masalah.

Kalau mau lihat aturan, setiap kepala daerah yang menghadiri acara partai politik, tim sukses dari capres-cawapres tertentu, atau calon anggota DPR dan DPRD memang harus izin. Kecuali saat libur pada Sabtu dan Minggu. Anies sudah izin, tapi kenapa jadi masalah?

Tjahjo mengatakan masih menunggu keputusan Bwaslu terkait acungan dua jari yang dilakukan Anies. Sedangkan Anies memilih untuk nggak banyak komentar. Dia juga nggak mau menjelaskan saat ditanya terkait gerakan dua jari tersebut. Pokoknya, No comment!

Yowis, mari kita pantau aja gaes apa yang akan diputuskan Bawaslu. Semoga aja bisa bersikap adil ya. Kalau mau hukum, ya hukum juga yang lain. Itu akan lebih baik. Mohon maaf hanya mengingatkan. (E36)