Tumben Anies Ronda

Tumben Anies Ronda
Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta. (Foto: Tempo)
2 minute read

“Aku suka pada mereka yang masuk menemui malam. Malam yang berwangi mimpi, terlucut debu”. ~ Chairil Anwar


PinterPolitik.com

Ada yang mengatakan bahwa menjadi kepala daerah itu harus siap siaga melayani warganya selama 24 jam. Hal ini menunjukkan bahwa sosoknya dapat dikategorikan sebagai pemimpin yang siap siaga menjadi pelayan yang baik bagi rakyatnya.

Apalagi untuk menjadi pemimpin di DKI Jakarta, pemimpinnya harus memiliki waktu yang lebih untuk bersiaga karena sesekali DKI Jakarta sering mendapat kejutan yang tak diharapkan, yaitu banjir, weeleeeh weleeeeh.

Nah, kalau curah hujan sudah tinggi, otomatis pemimpinnya harus siap – siap saja untuk ‘begadang’ memantau kondisi warganya dan mengantisipasi luapan air yang menggenangi pemukiman warga.

Sebelum terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan pernah melakukan kunjungan ke pemukiman yang terdampak banjir. Rela ya basah – basahan demi meraup suara, weleeeeh weleeeeh. Ah, motifnya beda kalau itu mah, gggrrrrr.


Tapi kalau semasa kampanye kiranya apa ya kontribusi Anies untuk para korban banjir atau langkah apa yang dilakukan untuk menangani banjir? Entahlah, weleeeh weleeeh.

Tentu kalau soal solusi, Anies kerap memberikan kritik mengenai banjir yang tidak kunjung usai. Namanya juga dulu itu masih calon jadi masih melihatnya dari permukaan saja. Ibaratnya belom merasakan susahnya ngurus banjir, weleeeh weleeeh.

Dulu kan yang terpenting turun langsung ke area banjir dan bisa menarik perhatian warga DKI Jakarta. Oh, begitu toh, weleeeeeh weleeeeh.

Coba setelah terpilih, apa kiranya yang Anies lakukan untuk melakukan penanganan banjir? Anies mau melakukan apa? Hmmm.

Katanya, Anies siap untuk melakukan ronda semalam suntuk untuk memantau debit air agar dapat mengantisipasi luapan air yang berlebih. Wedeewww, begadang ya Pak. Weleeeeh weleeeeh.

Selain itu Anies menginstruksikan kepada seluruh Dinas terkait untuk Operasi Siaga Ibukota dengan tagline ‘Siap, Tanggap, dan Galang’. Weleeeh weleeeh.

Berasa kan Pak gimana susahnya nyelesaikan banjir di Jakarta, hmm kemaren berasa gampang karena cuma kritik aja, bukan begitu Pak? Uhuuukkk, uhuuukkk.

Jakarta dilanda hujan deras lagi nih Pak Anies, sekarang kebagian ronda dimana Pak? (Z19)