Tim Jokowi Fobia Orba

prabowo orba
Soeharto. (Foto: Tirto)
2 minute read

“Keberanian bukan berarti tidak takut, keberanian berarti menaklukan ketakutan.” ~Mohammad Hatta


PinterPolitik.com

Pemerintahan di Orde Baru sepertinya menjadi sebuah mimpi buruk bagi beberapa orang. Apalagi bagi generasi sekarang, yang tidak pernah merasakan secara langsung dan hanya dengar isu-isu negatif berawalan ‘katanya-katanya’. Nggak heran deh, kalau Orba itu terasa horor untuk diungkit. Eh, tapi kok kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berani ya?

Jadi gaes, beberapa waktu lalu Titiek Soeharto mengatakan kalau Prabowo akan melanjutkan program Soeharto jika terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2019. Kalau kata anak jaman sekarang, ‘wagelaseh, hari gini mau jualan Orba? Emang laku?’ Hehehe.

Tapi sih aku maklum. Sebagai anak dari pemimpin di rezim tersebut, tentu doi nggak rela kalau orang tuanya terus-terusan dipandang buruk. Menurutnya, ada banyak kok kebijakan bagus dari Orba yang bisa diambil, misalnya swasembada pangan.

Hmm, tapi ya gitu. Dibanding kebijakan itu, rakyat lebih mengenal sikap pemerintah yang otoriter di masa itu. Entah laku atau nggak, yang pasti kubu Joko Widodo-Ma’ruf Amin juga nggak mau ketinggalan untuk menggoreng isu tersebut. Hehehe.

Ada apa dengan orba? Click To Tweet

Juru Bicara Timses Jokowi-Ma’ruf, Arya Sinulingga menilai rencana tersebut adalah kemunduran demokrasi. Menurutnya, rakyat waktu reformasi telah banyak mengoreksi apa saja yang dilakukan Soeharto, baik dari sisi demokrasi, ekonomi, sosial, budaya, toleransi, dan sebagainya. Kok sekarang malah mau balik lagi?

Dulu gerakan agamis dibatasi bahkan dibungkam, terus sekarang mau kayak gitu lagi? Dulu mau berpendapat takut diculik, terus sekarang mau kayak gitu lagi? Dulu kita pernah bangkrut sampai harus mengikuti kebijakan Dana Moneter IMF, terus mau pakai kebijakan ekonomi orba lagi? Tuh kan, kalau di dengar-dengar ngeri ya gaes?

Kalau mendengar sendiri pernyataan dari Gerindra, katanya mereka menolak kok budaya otoritarianisme Orba. Namun tetap, mereka tak menampik bahwa tak semua kebijakan di era Soeharto buruk.

Terlepas dari apapun, jualan Orba di era sekarang bisa aja dianggap gak punya hal positif dalam diri untuk dijual. Apalagi, rezim ini terlalu banyak pertanyaan dan kecurigaannya. Kalau kalian, mau beli gak kalau ada yang jualan Orba?(E36)