TGB ‘Merengek’ Minta Nyapres?

TGB ‘Merengek’ Minta Nyapres?
Istimewa
2 minute read

”Kami yakin dan percaya, TGB mampu mengemban tugas menjadi pemimpin negara Indonesia tercinta.” ~ Koordinator Baret (Barisan Relawan), Wardiati.


PinterPolitik.com

Ada yang menarik usai Pidato Politik Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada akhir Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat, Minggu 11 Maret kemarin.

Setelah video pidatonya diunggah dalam akun Facebook resmi DPD Partai Demokrat, mulai bermunculan beragam pendapat dari Warganet. Tapi kebanyakan dari yang mengisi kolom komentar hanya sedikit yang menyinggung isi pidato AHY. Loh kalau bukan isi pidatonya yang dikomentarin, apa dong yang ramai mereka komentarin?

Ternyata nih ya, setelah diperhatikan, hampir kebanyakan dari Warganet me-request nama seseorang untuk diusung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Mereka meminta agar memilih Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) sebagai calon presiden atau wakil presiden pada 2019. Wadezig, permintaan macam apa pula ini?

Pidato Politik @agusyudhoyono sebagai Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat.

Posted by DPP Partai Demokrat on Sunday, 11 March 2018

Belakangan ini memang masif pemberitaan mengenai deklarasi Baret (Barisan Relawan) TGB di sejumlah daerah. Mereka menyerukan kepada SBY untuk meminang TGB agar dapat maju sebagai Capres dari Demokrat dalam Pilpres 2019. Loh kok, Warganet pada komentar seakan AHY gak ada? AHY ini anak dari yang empunya partai loh. Aya aya wae ah ini warganet.

Saat ini, Demokrat dalam posisi yang serba dilematis. Kalau saja tidak berhasil merapat ke koalisi pendukung Jokowi, pilihan rasionalnya adalah membentuk poros sendiri. Tapi masalahnya, apa iya AHY sudah cukup kapabel untuk diusung menjadi Capres? Di Pilkada DKI aja gagal loh dia. Ini mungkin yang jadi alasan TGB gencar mempromosikan dirinya.

Begitu masifnya komentar mengenai permintaan mengusung TGB tersebut, membuat kita semua bertanya-tanya. Ini yang komentar dalam video Pidato Politik AHY di akun Facebook DPD Partai Demokrat benar-benar akun asli atau kloningan sih? Wah, jangan-jangan buzzer ya. Ya demi bisa dicalonkan sebagai Capres dari Demokrat, gak apalah ya tebel muka sedikit hahaha.

Kalau mengikuti beragam komentar yang menginginkan TGB sebagai Capres dan AHY sebagai Cawapres, memang terdengar kurang realistis dalam pandangan SBY. Tapi kalau sebaliknya, sepertinya masih bisa dikompromikan. Tinggal memperhitungkan seberapa besar elektabilitas TGB dalam mendongkrak suara pemilih AHY. Tapi elektabilitas TGB kayaknya masih jauh panggang dari api nih. Terus gimana dong? (K16)