Taktik Jokowi, Demi Milenial

Taktik Jokowi, Demi Milenials
Presiden Joko Widodo. (Foto: Time)
3 minute read

“Anak muda memang minim pengalaman, karena itu ia tak tawarkan masa lalu. Anak muda menawarkan masa depan.” ~Anies Baswedan


PinterPolitik.com

Ketua Tim Pemenangan Kubu Jokowi-Ma’ruf Amin akan diumumkan setelah berakhirnya pesta olahraga Asian Games 2018. Terdengar kabar kalau kubu Jokowi membuka peluang bagi kalangan muda untuk menduduki posisi tersebut.

Ehh, tapi bukan Karin Novilda (Awkarin) atau Anya Geraldine, apalagi Young Lex, ya, tiga tokoh muda yang mau digandeng melainkan presenter Najwa Shihab, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Erick Thohir, dan Direktur Utama NET Mediatama Televisi Wishnutama.

Menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya, tiga nama tersebut sedang diperbincangkan di koalisi pendukung petahana. Hm, tapi apa jadinya jika salah satu mereka menjadi ketua timses Jokowi-Ma’ruf? Ada yang kebayang?

Dimulai dari Najwa Shihab. Ia merupakan sosok presenter ternama negeri ini yang terkenal kritis dan cerdas. Bahkan Najwa Shihab merupakan salah satu presenter yang kerap membuat narasumbernya keringat dingin, karena takut terlihat bodoh, atau ketahuan bohong.

Kemampuan spektakuler Najwa Shihab dalam mengorek fakta bisa menjadi nilai lebih jika diundang di acara debat. Dan kubu lawan juga nggak akan bisa menyerang kubu petahana sebagai penyebar hoaks. Masa sekelas Najwa Shihab, dibilang penyebar hoaks. Rasa-rasanya meskipun itu benar, rakyat juga nggak akan percaya deh. Hehe.

Jokowi tidak mempermasalahkan jika Ketua Timses berasal dari kalangan muda maupun tua. Yang jadi masalah adalah, siapa yang mau? Ehh~ Click To Tweet

Terus gimana kalau Erick Thohir? Wah, pengusaha sukses ini tentu memiliki uang yang amat sangat banyak dan bisa saja disumbangkan untuk keperluan kampanye Jokowi-Ma’ruf. Di tangannya, perhelatan Asian Games bisa berjalan meriah tanpa harus menggelontorkan banyak uang negara. Pasti itu karena doi punya kenalan dari kalangan konglomerat yang melimpah dong? Tapi masalahnya apa Erick Thohir bersedia untuk jadi ketua timses Jokowi-Ma’ruf? Setahu eike, kayaknya doi cukup dekat deh dengan Sandiaga Uno. Hehehe.

Pilihan terakhir adalah Wishnutama. Siapa sih yang nggak tahu orang super kreatif satu ini? Di tangan beliau, cara kampanye Jokowi-Ma’ruf mungkin bisa jadi lebih kekinian dan anak muda banget. Contohnya aja waktu pembukaan Asian Games kemarin, doi bisa membangun citra Jokowi sebagai presiden hipster lewat video buatannya. Hm, tapi apa iya Wishnutama bersedia? Doi udah berkali-kali tuh bilang nggak tertarik masuk dunia politik.

Jokowi mengatakan yang terpenting dari sosok generasi muda adalah ide dan gagasannya. Jokowi sendiri sebenarnya tidak mempermasalahkan jika Ketua Timses berasal dari kalangan muda maupun tua. Ya, memang sebaiknya tidak perlu dipermasalahkan, tapi yang jadi masalah adalah, siapa orangnya? Ku syudah sangat kepo cekaliiii… (E36)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here