Survei Median: Jokowi Kurang Milenial?

Survei Median: Jokowi Kurang Milenial?
Foto : Istimewa
3 minute read

“Media sosial tidak sehat sebab media sosial tidak mengandung protein dan sama sekali tidak bergizi.”


PinterPolitik.com

Hasil sigi Media Survei Nasional (Median) menyatakan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul di kalangan pengguna media sosial, ketimbang pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Dalam hasil survei itu, pendukung capres Prabowo banyak beredar di Facebook, Twitter, hingga Instagram.

Kata Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, apakah Jokowi mampu berlari kencang mengejar keungulan Prabowo saat ini? Soalnya dari 100 persen pemilik akun Facebook, 42,9 persen mendukung Prabowo dan 42,4 persen mendukung Jokowi, sementara 14,7 persen undecided.

Kalau menurut eyke sih bisa jadi nih elektabilitasnya Prabowo semakin tinggi meningalkan Jokowi jauh dari sebelum-sebelumnya. Kok bisa? Iya bisa lah, kan Prabowo kemarin baru tahu dan baru bilang, ternyata lembaga survei bisa dibeli. Jadi enggak ada yang tahu kan kalau sekarang Prabowo baru aja ngeluarin uang untuk bayar lembaga survei. Eh, ini baru bisa jadi loh, awas jangan baper! Wkwkwk.

Survei Median yang melibatkan 1.200 responden yang dipilih dari seluruh warga yang memiliki hak pilih itu mulai dilakukan pada 4-16 November 2018 dengan menggunakan metode sampel pemilihan acak bertingkat. Rico mengklaim, margin of error lembaga survei mereka lebih-kurang 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei didukung dengan fakta jumlah pengikut media sosial masing-masing capres dan cawapres di Facebook. Akun Prabowo Subianto yang terverifikasi memiliki pengikut sebanyak 9,6 juta orang. Angka itu lebih besar dari pengikut akun Jokowi yang berjumlah 8,7 juta orang. Widih, itu akun tim buzzer semua atau akun real ya? Wkwkwk.

Adapun jumlah pengikut akun Sandiaga Uno yang terverifikasi ialah 1,1 juta orang. Sedangkan Ma’ruf Amin tidak memiliki akun Facebook yang terverifikasi. Iya, gimana Ma’ruf punya pengikut di Facebook, Instagramnya aja dikelola sama tim kampanyenya. Wkwkwk.

Lembaga survei ini juga mengatakan kondisi yang sama pun berlaku untuk dua raksasa media sosial lainnya, yakni Twitter dan Instagram. Responden pendukung Prabowo-Sandiaga yang memiliki Twitter mencapai 59,2 persen. Sedangkan pendukung Jokowi-Ma’ruf hanya 29,5 persen. Adapun pendukung Prabowo-Sandiaga yang memiliki Instagram mencapai 48,9 persen. Sedangkan pendukung Jokowi-Ma’ruf hanya 39,1 persen. Weleh-weleh.

Jadi pada intinya, terlepas siapa pemenang elektabilitas di media sosial, kita bisa tarik kesimpulan bahwasannya pasangan Prabowo-Sandi lah yang lebih eksis dan milenial. Kok bisa? Click To Tweet

Ya bisa lah, itu buktinya di media sosial Prabwo-Sandi lebih terkenal, terus juga pasangan Jokowi-Ma’ruf yang punya dan aktif di media sosial cuman Jokowi aja. Betul apa betul? Jadi kalau sudah begini, kalian masih mau bilang nih kalau Jokowi dan Ma’ruf itu pasangan yang milenial? Kalau eyke sih enggak berani deh bilang Jokowi-Maruf enggak milenial. Wkwkwk. (G35)