Sri Mulyani Menteri Bebal?

Sri Mulyani Menteri Bebal?
Istimewa
2 minute read

“Pemerintah tetap tak bisa keasyikan ngutang, meski defisit belum sampai 3 persen. Sebab kalau sudah keasyikan ngutang, susah menerima kritik atau masukan.” ~ Anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan.


PinterPolitik.com

Semakin tinggi pohon semakin kencang angin yang menerpanya. Begitulah kondisi yang dialami Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat ini. Gimana gak, sebagai orang yang pernah dinobatkan sebagai menteri terbaik dunia, Sri Mulyani malah dianggap gagal karena tidak berkutik terhadap permasalahan utang Indonesia yang sudah mencapai Rp 4.034 triliun. Waduh, banyak amat ya angkanya.

Anggota Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan menanggapi dingin permasalahan ini, karena Sri Mulyani dianggap Menteri yang antikritik. Kalau masih antikritik, bagaimana saran-saran dari berbagai pihak bisa didengar. Bisa-bisa nanti utang luar negeri Indonesia tambah membengkak menembuh angka Rp 5 ribu triliun. Amit-amit, jangan sampe ya. Bisa pusing pala barbie nanti eike.

Menurut Heri, strategi pembayaran utang yang dilakukan Pemerintah saat ini cuma sebatas menambah utang untuk membayar bunga utang sebelumnya yang sudah jatuh tempo. Ya semacam gali lobang tutup lobang gitu deh. Lha, udah kayak main congklak aja sih, kosong-isi terus lubangnya. Tuh Bu Sri Mulyani, biar gak dibilang bebal, dengerin tuh kritikan orang lain!

Eits tunggu dulu, gak semua kritik itu memang didasari tujuan akademis semata loh. Itu yang ngeritik aja dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Yang namanya partai oposisi, sampe terompet sangkakala berbunyi, ya emang gitu perannya. Jadi harap maklum lah ya. Emangnya pernah denger politisi partai pendukung pemerintah yang melulu ngeritik kebijakan menteri di kabinet?

Nanggepin kritikan ini, Sri Mulyani kayaknya woles-woles aja tuh. Baginya, utang itu isu yang seksi. Mungkin seseksi body wanita yang melengkung bak biola berdawai. Gimana gak seksi? Saat Sri Mulyani mengunggah postingan utang di akun media sosial pribadinya, tak pelak langsung dibanjiri beragam komentar dari Warganet. Mmm, bener-bener seksi emang deh isu utang, warbyasah.

Dalam unggahannya, Sri Mulyani menegaskan kalau kondisi utang Indonesia itu aman-aman saja. Gak perlu ada yang dirisaukan, apalagi pakai istilah Indonesia darurat utang segala. Kebijakan utang dalam APBN juga ditujukan membantu membangun pasar keuangan dan obligasi di dalam negeri. Jadi utang gak melulu sebagai alat menambal defisit belanja Pemerintah. Yang suka ngeritik gak berdasar kayaknya harus ikut kuliah pengantar ilmu ekonomi makro dulu nih sama Ibu Sri Mulyani. Buahahaha. (K16)

Mempermasalahkan Utang1. Perhatian politisi dan beberapa ekonom mengenai kondisi utang beberapa bulan terakhir sungguh…

Posted by Sri Mulyani Indrawati on Friday, 23 March 2018

Share On

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here