Singkatan Asik untuk Jokowi-Ma’ruf

Singkatan Asik untuk Jokowi-Ma’ruf
Joko Widodo dan Maruf Amin (Foto: Detik)
2 minute read

“Saya mencintai nama kehormatan, lebih dari ketika saya takut mati.” ~Julius Caesar


PinterPolitik.com

Untuk mempermudah penyebutan pasangan calon presiden, biasanya timses membuat sebuah singkatan nama. Di kubu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, ada dua pilihan yang kemungkinan besar akan digunakan, yakni PADI (Prabowo Sandi) dan PAS (Prabowo Sandi). Namun, bagaimana dengan kubu Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin?

Sebelumnya, Meme Jack Ma: Jokowi – Maruf Amin tersebar di media sosial. Tapi moon maap, di sini nama calon presidennya itu Joko lho ya, bukan Jack. Kebetulan kemarin Jack Ma datang ke Indonesia cuma bertamu, bukan buat nyapres bareng Ma’ruf Amin. Hehehe.

Sampai sekarang, singkatan resmi yang akan dipakai untuk Jokowi-Ma’ruf belum ditentukan. Mengingat belum ditentukannya ketua tim kemenangan dalam kubu petahana. Tapi, beberapa istilah sudah muncul sebagai bahan pertimbangan.

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani menyatakan, pihaknya mengusulkan bahwa pasangan tersebut disingkat IJMA, artinya Indonesia Jokowi dan Ma’ruf Amin. Wah, terdengar religius sekali ya. Ijma… Ijma ulama? Ehh itu mah ijtima ya. Wkwkwk.

Kalau dalam bahasa Arab, ijma diartikan sebagai kesepakatan para ulama dalam menetapkan suatu hukum dalam agama berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis untuk suatu perkara yang terjadi.

Macam pilihan singkatan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin, mulai dari JOIN, IJMA, TERJAMIN, hingga JACK MA. Pilih mana? Click To Tweet

Selain itu, ada pula pihak yang mengusulkan ke Tim Kampanye Koalisi Indonesia Kerja (KIK) untuk menggunakan nama TERJAMIN, yang artinya teruskan Jokowi bersama Ma’ruf Amin.

Hmm, leh uga. Kalau dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, terjamin berarti ditanggung (keselamatannya, kemanannya, dan sebagainya). Terjamin juga diartikan serba berkecukupan.

Oh iya, ku jadi teringat kembali. Waktu awal-awal ditetapkan sebagai pasangan calon, Ketua umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengeluarkan istilah JOIN sebagai singkatan dari Jokowi-Ma’ruf Amin.

Istilah tersebut memang sudah pernah dipakai untuk menyingkat nama Jokowi-Muhaimin sih. Tapi nggak apa-apa lah, toh artinya bagus. Join merupakan kata dari bahasa Inggris yang artinya bergabung. Selain jadi singkatan nama, kata ‘Join’ bisa diartikan sebagai sebuah ajakan untuk turut mendukung. Mantap nggak tuh?

Lagipula, relawan Join kan sudah terlanjur dibentuk. Sudah punya kaos, baliho, dan posko dukungan juga. Sayang kan kalau atributnya disia-siakan begitu saja. Nah, nanti tinggal ganti nama Cak Imin jadi nama Kyai Ma’ruf aja. Mudah dan hemat bukan? (E36)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here