Siasat PSI Dompleng Jokowi

Siasat PSI Dompleng Jokowi
Istimewa
2 minute read

“Pak Jokowi punya kinerja yang sangat baik. Tinggal bagaimana kami mengemas konten tersebut di media sosial agar lebih banyak anak muda sadar, ini loh Presiden kalian betul-betul berprestasi dan layak dipilih kembali.” ~ Tsamara Amany, politisi PSI.


PinterPolitik.com

Bagi para politisi, sebenarnya tidak terlalu sulit melihat arah angin politik Pilpres 2019. Presiden petahana sudah pasti menjadi figur yang paling diminati untuk didekati. Yup, tidak terkecuali seperti partai baru ini, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yang kini siap mendukung Jokowi pada Pilpres 2019 nanti. Kayaknya PSI main aman ya, jadi ga brani ambil langkah yang neko-neko.

Dibandingkan dengan partai lain, PSI memiliki kekhasan tersendiri. Partai ini kayaknya memfokuskan menggarap pemilih muda dan pemula. Kalau seandainya PSI nantinya berhasil menggaet pemilih muda, wah benar-benar investasi masa depan. Partai baru dengan pemilih muda yang loyal. Apalagi kalau udah muda, loyal, cantik lagi kayak Tsamara Amany politisi muda PSI. Kan bisa bikin hati deg-deg seeer gitu.

Coba kita liat strategi partai tetangga sebelah, seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS). PKS bisa merawat para pemilih mudanya untuk selalu setia dengan apapun kebijakan yang akan diusung internal partai. Kelak PSI juga akan memiliki pemilih yang cukup loyal kalau mereka pandai menjaga strategi politik citra dengan para generasi muda.

Nah kayaknya ni, Pakde Jokowi kesemsem sama strategi PSI ini. Sekarangkan generasinya milenial, segala gaya komunikasi harus disesuaikan kalau ingin mendapatkan suara dari para pemilih muda ini. PSI di mata Pakde sedikit banyak bisa mendulang suara pemilih muda nantinya. Ya minimal lewat kampanye melalui media sosial yang terbukti efektif. Asal jangan bikin hoax aja ya. Bahaya lho, nanti bisa diciduk pak polisi.


Tapi tunggu dulu, apa iya semudah itu mempersuasi para pemilih muda untuk bisa selaras dengan visi misi partai? Apa jangan-jangan masih kejauhan dan terlalu dini buat bidik pemilih muda dari generasi milenial untuk kepentingan Pilpres 2019? Wong masih banyak generasi muda yang masuk kategori ‘Milenial Micin’. Itu tuh, generasi ababil yang belum jelas wujudnya, boro-boro loyal, palingan tengah jalan membelot. Nah, asem itu namanya.

Ga seperti partai lain yang sudah terlanjur memiliki perbedaan pandangan politik terhadap Pakde, PSI sebagai partai baru, masih sangat fresh karna tidak terbelenggu ego politik. Jadi dengan mendompleng Pakde, PSI berharap bisa tumbuh menjadi partai besar nantinya. Ibarat kata pepatah, sekali kayuh dua tiga pulau terlampaui. Cantik bangetkan siasatnya. (K16)

[related_posts_by_tax posts_per_page="7" taxonomies="category,post_tag" order="ASC"]