Serobot Doa, Habib Rizieq Dikritik

Serobot Doa, Habib Rizieq Dikritik
Habib Rizieq Shihab (Foto: Breakng News)
2 minute read

“Saya heran ada orang tanpa koordinasi dengan shohibul bait memposisikan diri sebagai pembaca doa”. – Agus Maftuh Abegebriel, Dubes Indonesia untuk Arab Saudi


PinterPolitik.com

Berita dukacita tentang meninggalnya almarhum KH Maimun Zubair atau yang dikenal dengan Mbah Moen baru saja meliputi Indonesia di hari Selasa kemarin. Saat banyak orang masih berduka, eh sudah ada aja perselisihan pasca prosesi pemakamannya almarhum Mbah Moen.

Soalnya konflik ini terjadi antara Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel dengan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Jadi ceritanya tuh setelah proses pemakaman almarhum Mbah Moen, Habib Rizieq Shihab menyerobot kerumunan dan tanpa diminta langsung membacakan doa talqin dengan suara keras.

Pastinya niatnya Habib Rezieq yang berinisiatif membacakan talqin itu pasti baik lah ya. Sayangnya, Dubes Agus merasa cara yang dilakukan Habib Rezieq terkesan nggak sopan.

Pasalnya dalam tradisi Nahdlatul Ulama (NU) biasanya kiai besar seperti almarhum Mbah Moen biasanya dibacakan talqin oleh kiai yang berada setingkat dengan dirinya.

Udah gitu, Habib Rizieq juga nggak kordinasi dulu sama Agus Maftuh. Soalnya posisi Agus di sana adalah sebagai shohibul bait atau tuan rumah loh gengs.

Ibaratnya tuh kayak kamu lagi di pemakaman kakek yang sangat kamu kagumi, lalu tiba-tiba kakakmu sembarangan waktu melakukan ritual keagamaan di pemakaman. Pastinya kamu langsung merasa kalau kakakmu nggak menghormati kakekmu itu kan?

Hmm. Pantesan aja sebagai muridnya almarhum Mbah Moen, Dubes Agus ini sangat kesal ke Habib Rizieq ya.

Kalau dipikir-pikir FPI aja izin ormasnya masih digantung sama Kemendagri. FPI juga lagi ada konflik sama Moeldoko terkait NKRI bersyariah.

Masalah yang satu belum kelar, terus sekarang pemimpin FPI Habib Rizieq malah tambah masalah dengan cara berkonflik sama Duta Besar Agus Maftuh.

Mana pengurus DPP FPI Slamet Ma’arif pake ikutan sindir kalau Agus Maftuh itu ngomong fitnah tentang Habib Rizieq pula.

Weleh. Weleh. Kalau begini ceritanya gimana nasib izin ormas FPI ke depannya ya? Kita tunggu aja deh gimana kelanjutan polemik konflik FPI dan pemerintah. Upss. (R50)

Mau tulisanmu terbit di rubrik Ruang Publik kami? Klik di http://bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga :
Politik Kuliner Rocky Gerung