Sandiaga Dijamin Juara?

Sandiaga Uno juara
Sandiaga Uno (Foto: Bloomberg)
3 minute read

“Malaikat juga tahu, siapa yang jadi juaranya,” – Dewi Lestari, Malaikat Juga Tahu


Pinterpolitik.com

Pilpres 2019 adalah panggung pertama bagi cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno. Meski demikian, bisa dibilang sebagai debutan, Sandi tampil tidak mengecewakan.  Di beberapa tempat, ia bahkan berhasil menunjukkan bahwa ada antusiasme masyarakat yang cukup besar.

Sandi sering bercerita bahwa ia sudah berkelana ke sekitar 1.500 titik di Indonesia. Nah, perjalanan ini bahkan sampai tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) loh gaes. Dari perjalanan tersebut, ia tidak sekadar wara-wiri, tetapi juga berinteraksi dengan banyak kalangan.

Selama berkelana, Sandi ini kerap jadi sasaran empuk bagi kaum hawa, apalagi emak-emak. Waduh, kalau liat antusiasme emak-emak ke doi emang gak ada habisnya. Masa, emak-emak ini rela mengorbankan uang belanja mereka untuk perjuangan Sandi? Awas dimarahin bapak-bapak loh, Bu!

Selain jadi sasaran antusiasme emak-emak, Sandi juga sepertinya cukup menarik perhatian kalangan milenial. Kalau tidak percaya, lihat saja di acaranya untuk wirausahawan muda, hampir selalu diisi oleh wajah-wajah anak muda yang mendamba kehadiran dan ilmu dari pengusaha seperti Sandi.

Terlihat bahwa perjalanan Sandi ini menjadi pengalaman cukup berharga buat karier politik nasional Sandi yang masih sangat muda. Kalau kata Sandi sendiri, pengelanaannya tersebut bisa dianggap sebagai sebuah pengalaman spiritual. Ckckckck.

Bukan hanya dari perjalanannya Sandi yang terlihat istimewa di Pilpres tahun ini. Ia juga selalu punya cara untuk menarik perhatian dari audiensnya. Di debat Pilpres terakhir kemarin misalnya, ia menutup gelaran dengan pesan yang diulang-ulang, yaitu TPS: Tusuk Prabowo Sandi. Wah, kayak iklan TV aja diulang-ulang.

Nah, kalau kata Max Walden dalam tulisannya di The Intepreter, kiprah Sandi di Pilpres 2019 ini memberikan energi baru bagi kampanye politik Indonesia yang dianggap membosankan.

Baca juga :
Gaduh Medsos dan Perlunya Literasi Media

Melalui energi ini bisa dibilang Sandi sedang memiliki momentum yang luar biasa dalam kiprahnya sebagai debutan di politik Indonesia. Antusiasme masyarakat sedang tinggi-tingginya bagi sosok yang berenergi seperti Sandi.

Kalau kata Max Walden lagi, dengan kondisi itu sebenarnya apapun yang terjadi di Pilpres 2019 ini, Sandi tetap menang. Loh kok bisa? Oke, kalau Prabowo-Sandi menang kan jelas doi melaju ke kursi RI-2.

Kalau Jokowi-Ma’ruf yang menang? Menurut Max Walden, Sandi bisa menjadi kandidat presiden yang potensial bagi Partai Gerindra di Pilpres 2024. Kalau dipikir-pikir iya juga ya, dengan energi dan antusiasme yang ada saat ini, momentum Sandi sedang tinggi-tingginya, sehingga jadi capres potensial di tahun 2024.

Pada titik ini, kalau mengutip Walden lagi, siapapun yang menang nanti, Sandilah juaranya.

Tapi kalau ditanya ke Pak Prabowo dan Pak Sandi, pasti maunya mereka yang menang lah ya tahun ini. Masa udah capek-capek berusaha, gak berharap menang? Hehehe. (H33)