Rumah DP 0% di Tengah Pulau?

Rumah DP 0 Rupiash
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. (Foto: Suaraislam.co)
2 minute read

“Sungai tahu ini, tak perlu buru-buru. Semua akan sampai pada waktunya.” ~Alan A. Milne


PinterPolitik.com

Reklamasi Teluk Jakarta telah dihentikan. Sebuah keputusan yang bikin geger politik Indonesia. Meski begitu, sejumlah pulau yang sudah terlanjur dibangun mulai dipertanyakan, akan jadi apa gerangan?

Gubernur Anies Baswedan mengatakan kalau Pulau C,  D, G, N yang sudah terlanjur dibangun akan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Mau jadi apa? Anies sendiri juga belum tahu. Masih harus dikaji lebih jauh.

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Nasional Demokrat (NasDem) Bestari Barus menilai keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencabut izin 13 pulau reklamasi Teluk Jakarta merupakan keputusan prematur.

Hmm, kalau begitu bukankah ruang inkubator merupakan solusi yang tepat? Ehh, ini bukan lagi ngomongin kasus bayi prematur ya? Hehehe.

Ya, maksudnya prematur itu adalah pengambilan keputusan yang dilakukan Anies terlalu terburu-buru. Jadi sekadar untuk memenuhi janji kampanye aja gitu. Nah loh

Anies sendiri diketahui akan menyiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang perencanaan zonasi wilayah pesisir dan pulau kecil. Tapi sampai sekarang doi belum menjelaskan secara rinci apa saja yang akan diatur dalam Raperda tersebut.

Ada saran kalau keempat pulau reklamasi yang sudah terlanjur dibangun dijadikan lokasi untuk Rumah DP 0 Rupiah. Wah, gimana ya? Rumahnya di tengah laut? Click To Tweet

Kalau misalnya Pak Anies bingung nih, mau dijadiin apa keempat pulau yang sudah terlanjur dibangun itu, ini ada saran dari Pak Bestari. Monggo, siapa tahu solusinya yahut..

Menurut Bestari, Anies perlu membuat aturan yang jelas. Terus kalau mau dimanfaatkan bisa digunakan untuk membangun rumah program DP nol rupiah.

Baca juga :
Megawati Ingin Mendag dari Muhammadiyah?

Wow, wow, wow, kok bisa kepikiran ya? Hmm, tapi nganu, masa rumahnya ada di tengah-tengah laut? Kan yang mau rumah DP 0% nggak cuma nelayan. Terus kalau dibangun perumahan begitu, bisa dijamin kalau nggak akan merusak lingkungan hidup dan mata pencaharian nelayan?

Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono menyarankan agar Pemprov DKI buru-buru mengatur pemanfaatan empat pulau tersebut biar bisa mendapatkan pemasukan dari pengelolaan dan tidak terdapat pihak yang diragukan.

Menurut Gembong, hal tersebut bisa menjadi win win solution sehingga tidak akan memunculkan pihak yang menang atau pun kalah. Tapi semua tetap berjalan dan berfaedah.

Ya semoga aja, pulau yang udah terlanjur dibangun bisa dimanfaatkan dengan baik. Kan sayang ya, uang yang terlanjur cair kalau tidak dimanfaatkan. (E36)

Facebook Comments