Rudal Jokowi Lewat Kantor Susi

Rudal Jokowi Lewat Kantor Susi
Foto : Istimewa
2 minute read

“Jalesveva Jayamahe. Di Lautan Kita Jaya. Tapi nyatanya, apa iya?”


PinterPolitik.com

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa Presiden Jokowi akan tetap konsisten dengan visi menjadikan laut dan sumber daya yang terkandung di dalamnya sebagai masa depan republik ini. Hal itu menurutnya terlihat dari kebijakan yang diambil oleh presiden.

Menurut Susi, sampai hari ini Jokowi sangat konsisten dengan betul-betul ingin menjadikan laut sebagai masa depan bangsa. Nah kan, itu kalau kata ibu Susi, tapi kalau kata menteri-menteri yang kena reshuffle, Jokowi gagal tuh! Jadi kita harus dengar siapa dong? Menteri yang kemarin kena reshuffle, atau denger ibu nih? Wkwkwk.

Lagian emang serius banget ya Jokowi di poros maritimnya? Kalau menurut kabar angin yang beretebaran, kementerian-kementerian kita yang mengurusi wilayah laut Indonesia masih banyak yang tumpang tindih tupoksinya. Jadi gimana dong kita bisa bilang kerja kementerian di tangan Jokowi sukses?

Jangan bilang karena ibu Susi jadi Menteri Kelautan aja nih, sehingga bilang Jokowi bisa urus masalah kelautan? Terus kalau ibu sudah enggak jadi Menteri Kelautan, ibu juga ikut-ikutan bilang Jokowi presiden yang tidak bisa apa-apa. Uppss, ini enggak serius loh bu, jangan baper ya. Nanti eyke malah dikirim rudal atau dikirim emot tidur kayak sandiaga lagi. Ehehehe.

Oh iya gengs, menurut Susi, konsistensi  Jokowi juga dapat dilihat dari kebijakan yang meski melonggarkan sejumlah hal dalam Daftar Negatif Investasi (DNI), tetapi di sisi lain tidak memberikan kemungkinan atau tetap tidak mengizinkan pihak asing masuk di bidang perikanan tangkap. Dalam kesempatan itu, Menteri Susi juga mengemukakan sejumlah data-data mutakhir, seperti capaian dalam menangkap sejumlah kapal ikan ilegal.

Salah satu kesulitan dalam memberantas kapal ikan ilegal antara lain karena basis mereka untuk beroperasi kerap berada di sejumlah negara tetangga. Susi mengungkapkan, pada 4 Oktober 2018, KP Hiu Macan 01 juga telah melakukan penghentian, pemeriksaan dan penahanan dua kapal ikan asing asal Vietnam. Weleh-weleh.

Ngeri juga ya ibu Susi kerjaannya nangkep-nangkepin kapal asing! Tapi jangan bilang kalau kapal yang di tangkap itu yang kecil-kecil, terus yang dirudal kapal-kapal asing yang udah  pada rongsok-rongsok lagi. Ahahahaha.

Tapi intinya mah gengs, kalian percaya enggak sama Jokowi yang katanya bisa bikin maju Indonesia melalui kebijakan maritimnya? Kalau kalian percaya, berarti beda sama eyke gengs, soalnya kalau eyke, nanti dulu deh percayanya kalau Indonesia beneran sudah jadi negara maju aja. Click To Tweet(G35)