Rombak Direksi, Rini Membangkang Jokowi?

Rombak Direksi, Rini Membangkang Jokowi?
Rini Soemarno (Foto: Breaking News)
2 minute read

“Aku memberontak, maka itu aku ada.” – Albert Camus


PinterPolitik.com

Menteri BUMN Rini Soemarno dikabarkan kukuh mau merombak 4 direksi bank BUMN dan 1 anak perusahaan Pertamina. Perusahaan-perusahaan itu adalah yaitu PT Bank Mandiri, PT Bank Tabungan Negara, PT Bank Negara Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia, dan PT Perusahaan Gas Negara.

Pasalnya perombakan direksi akan dilakukan saat kelima BUMN ini melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), yang akan dilakukan sejak akhir Agustus hingga awal September 2019 ini.

Fyi aja nih gengs, sebelumnya tuh Presiden Joko Widodo pernah suruh seluruh menterinya untuk nggak membuat kebijakan strategis atau merombak direksi BUMN hingga pelantikan di bulan Oktober 2019 nanti.

Waduh. Biasanya sih bawahan itu nurut sama bos. Lha. Kok Menteri yang satu ini berani amat sih melawan perintah dari Pak Bos Jokowi? Kan jadi terkesan keras kepala gitu. Uppss.


Jika diibaratkan film Moana (2016), keras kepalanya Rini Soemarno ini mirip banget lah sama tokoh fiktif Moana. Kalau di film, Moana itu kan terkenal sebagai gadis kontroversial yang suka memberontak dari perintah ayahnya ya.

Nah, mirip juga kan sama Menteri Rini yang sering membuat keputusan kontroversial, misalnya wacana penjualan gedung Kementerian BUMN dulu, lalu gonta-ganti direksi BUMN, hingga perseteruannya dengan DPR.

Ya ampun, “nakal” amat sih Bu Menteri yang satu ini. Hehehe. Tapi gengs, lucunya tuh Menteri Rini ini hampir nggak pernah dihukum loh sama Pak Bos Jokowi.

Buktinya aja, Jokowi udah pernah melakukan 4 kali reshuffle kabinet periode 2014-2019, tapi posisinya Menteri Rini ini nggak pernah lengser dari kursi kekuasaannya loh gengs.

Haduhh. Jadi makin mirip lah Bu Rini sama tokoh Moana yang nggak pernah dihukum ayahnya walaupun sering melawan orang tua. Hehehe.

Aing jadi curiga nih. Kalau Moana kan bisa jadi senekat itu memberontak dari perintah bapaknya karena dia selalu dapat backup dan dukungan penuh dari neneknya. Kalau Menteri Rini gimana ya? Hehehe.

Hmm. Kira-kira ada nggak sih yang selama ini menjadi “nenek” kuat yang menyongkong Menteri Rini hingga dia berani lawan perintahnya Pak Bos Jokowi? Upss. (R50)