Ratu Elizabeth II, Pemegang Tahta Terlama

    2 minute read

    Ratu Elizabeth II resmi memegang rekor sebagai pemegang tahta terlama di Inggris. Pada usia ke 90 tahun ini, Ratu Elizabeth II sudah menjabat sebagai Ratu Inggris selama 65 tahun lamanya.


    pinterpolitik.com

    INGGRIS  Tepat Senin (6/2) kemarin, Ratu Elizabeth II memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang nenek buyutnya, Ratu Victoria, dengan periode 63 tahun dan tujuh bulan. Ia pertama kali naik tahta di tahun 1952 pada usia 25 tahun setelah kematian ayahnya, Raja George VI. Ia juga menjadi penguasa monarki terlama yang pernah naik tahta di dunia, mengalahkan Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej yang wafat Oktober 2016 lalu.

    Walaupun gelarnya sebagai Ratu hanyalah sebagai simbol negara, namun Elizabeth II juga sering melakukan kunjungan resmi kenegaraan ke seluruh dunia. Total ada 116 negara yang resmi pernah ia datangi, selain itu juga Ratu pernah bertemu dengan 12 Presiden Amerika Serikat, 12 Perdana Menteri Inggris, dan 12 Perdana Menteri Kanada dan 7 Paus.

    Ratu yang memiliki lebih dari 30 anjing Corgis ini, selain menguasai Inggris juga merupakan penguasa seluruh wilayah negara persemakmuran. Ratu Elizabeth II menguasai monarki Australia, Kanada, Selandia Baru dan negara persemakmuran lainnya selama 65 tahun.

    Di era modern ini, bukan hanya Inggris dan Thailand yang masih mempertahankan tradisi monarki di negaranya. Ada beberapa negara lain yang juga masih mempertahankan tradisi monarki, seperti Arab Saudi, Kamboja, Spanyol, Belanda, Swedia, Maroko,  Denmark, dan Yordania.

    Indonesia sendiri masih punya beberapa daerah yang mempertahankan tradisi monarki, diantaranya adalah Yogyakarta, Cirebon, Surakarta, dan Ternate. (Berbagai sumber/A15)

    Related Posts

    Baca juga :
    Mandalika Untuk Donald Trump?

    Facebook Comments