Potensi Pecah Ma’ruf Lawan Jokowi?

Potensi Pecah Ma'ruf Lawan Jokowi?
Foto : Istimewa
2 minute read

“Pancasila harus lahir kembali dari rahimnya generasi kekinian!”


PinterPolitik.om

Ketua Umum Majelis Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo adalah pemimpin yang demokratis. Ia mengatakan Jokowi ingin menghilangkan disparitas atau kesenjangan antardaerah di Indonesia.

Ma’ruf menilai Jokowi adalah sosok yang tidak neko-neko, dan semangat dalam membangun kebhinnekaan. Tidak hanya itu, Jokowi juga terlihat ingin mengurangi kesenjangan pembangunan. Dalam hal ini Ma’ruf menganggap Jokowi memiliki visi yang sama dengannya.

Upsss, tapi Jokowi harus tetap berhati-hati meski Ma’ruf mengatakan demikian. Bisa jadi pada saat mereka berduet di Pilpres nanti keduanya malah jadi berseberangan. Contohnya, dalam kasus Pilgub DKI Jakarta 2017 lalu, Ma’ruf ngotot tidak bisa kompromi dan ingin Ahok dipenjara, meski ia tahu Ahok mewakili visi Jokowi untuk memimpin DKI Jakarta.

Terus gimana dong kalau Jokowi dan Ma'ruf nantinya berhadapan dengan kasus yang serupa? Click To Tweet

Misalnya nih ya Ma’ruf saat ini menilai Jokowi sangat demokratis dan pro terhadap umat Islam. Ternyata implementasinya di periode kedua nanti Jokowi berubah. Berubah menjadi lebih Pancasilais, Marhaenis, dan terlihat sangat Soekarnois. Apa Ma’ruf tetap setia sama Jokowi? Atau Ma’ruf enggak bakal kebakaran Jengot karena sulutan bara yang dibuat Jokowi itu? Weleh-weleh.

Gimana nih pendapat kalian? Apa Ma’ruf bisa terima konsep Pancasila dan UUD 1945 terapan bapaknya Megawati Soekarnoputri? Atau Ma’ruf malah setuju dengan usulan Jokowi yaitu kembali menerapkan Pancasila dan UUD 1945 secara utuh? Iya Ma’ruf setuju, soalnya kan doi tahu kalau perubahan yang dimaksud Jokowi itu hanya pernyataan di depan publik aja. Wkwkwk, miris.

Wah kalau Jokowi sama Ma’ruf berantem gimana ya? Jokowi sih pasti menang ya, kan yang dihadapi umurnya 75 tahun. Tapi, bakal kualat sih kalau melawan ulama. Emang Jokowi nggak takut?

Setidaknya, kita semua tahu, kalau Jokowi saat ini pun sudah sering banget berantem sama Wapres Jusuf Kalla (JK). Jadi kalau bakal berantem sama wapres berikutnya mah biasa aja kali ya. Kalau kepilih lagi ya. Wkwkwk. Yang penting tetap Pancasilais dan berpedoman pada UUD 1945 lah pakde. Kalau kayak gitu pasti banyak yang dukung kok. (G35)