PHP Umrah Gratis Sam Aliano

PHP Umrah Gratis Sam Aliano
(Foto: Medcom)
2 minute read

“Saya berusaha untuk mendekati rakyat. Visi dan misi saya jelas, salah satunya umrah gratis. Ini semua benar-benar nyata, bukan hanya sekadar bicara. Saya akan buktikan itu semua dalam waktu dekat,” ~ Capres Sam Aliano.


PinterPolitik.com

Berbagai macam cara ditempuh seseorang untuk bisa menjadi seorang Presiden. Salah satunya dengan memberikan janji muluk pada masyarakat. Mengenai apakah janji itu dapat dipenuhi atau gak, ya belakangan. Yang penting jadi Presiden dulu. Ya seperti yang dilakukan Calon Presiden (Capres) Sam Aliano yang menjanjikan umrah gratis apabila dirinya kelak berhasil menjadi Presiden.

Mungkin dalam pikiran Sam, masyarakat Indonesia bisa diiming-imingi dengan mudah. Jadi dia menjanjikan sesuatu yang sangat didambakan. Secara kan rakyat Indonesia 85% adalah umat Islam. Dan jumlah orang yang ingin umrah tiap tahun mencapai 870 ribu jamaah.

Lumayan tuh seandainya mereka kelak berangkat umrah gratis karena Sam terpilih jadi Presiden. FYI aja nih, prediksi tahun ini jumlah jamaah umrah bisa bertambah menjadi 1 juta jamaah. Saat ini aja ketentuan biaya umrah minimal sebesar Rp20 juta per jamaah. Gak kebayang kalau dikalikan 1 juta jamaah tuh.

Dengan kata lain Sam nanti berkewajiban mengelontorkan dana minimal Rp20 triliun pertahun agar umrah para jamaah bisa gratis. Waduh, dapet duit dari mana segabrek gitu? Dari APBN? Jangan ngarang deh. Aya aya wae ah. Yang ada negara merugi gegara janji ngasal si Sam ini. Begini amat Capres kita.

Btw, yang bikin eike penasaran, apa kabar Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) nanti pasca Sam memberlalukan umrah gratis bagi para jamaah? Mereka bakal kehilangan mata pencahariannya dung kalau jamaah bisa berangkat umrah dengan gratis. Dibayarin pake uang negara juga gak realistis. Hadeuh.

Gak apa juga sih diwujudkan aja umrah gratis tadi. Palingan Sam bakal diuber-uber sama 906 PPIU yang ada di seluruh Indonesia, buahahaha. Dari pada sibuk bikin janji yang belum tentu bisa terpenuhi, mendingan Sam fokus deketin Parpol pengusung aja. Katanya udah deketin empat Parpol kan? Gercep ey.

Ada-ada aja ya ulah Capres kita yang satu ini. Ya tapi suka-suka dia aja deh mau apa. Asal jangan mau ngibulin rakyat aja dengan janji manis bak ilusi itu! Karena bagaimana pun juga kesenangan bisa muncul hanya karena rasa ilusi semata. Moga masyarakat gak mengalami seperti apa yang dikatakan filsuf Voltaire (1694-1778): “Illusion is the first of all pleasures.” (K16)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here