Pesan untuk Jokowi dari PBB

Pesan PBB Untuk Jokowi
Jokowi dalam World Economic Forum (Foto : The Jakarta Post)
2 minute read

 “Semua menanyakan, mana pak Joko?” – Jusuf Kalla


 PinterPolitik.com

Kepulangan Jusuf Kalla dari Sidang Umum ke-74 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membawa pesan dari pemimpin dunia lain. Mereka menanyakan ke mana Pak Jokowi?

Sudah lima kali Sidang Umum PBB digelar semenjak Jokowi menjabat Presiden Republik Indonesia, dan sudah lima kali pula Jokowi tidak hadir. Jokowi pun menugaskan Jusuf Kalla untuk merepresentasikan Indonesia di forum internasional tersebut.

Berdasarkan keterangan Moeldoko, Pak Jokowi lagi sibuk ngurusin isu domestik. Makanya bagi peran sama Jusuf Kalla. Tapi banyak juga sindiran dari berbagai pihak yang menyatakan bahwa Pak Jokowi ini mungkin gak pede ngomong pake bahasa inggris depan komunitas internasional.

Tapi buktinya Jokowi pernah ikut forum internasional seperti APEC. Dengan analogi “Thanos dan Avengers” yang mendapat sambutan meriah karena berhasil menarik perhatian hadirin terhadap pidatonya. Buktinya bisa kan. Walaupun yang bikin pidato bukan sepenuhnya Pak Jokowi melainkan timnya, tapi Jokowi toh berhasil membawakan pidato dengan sukses.


Desakan agar Jokowi turut aktif menghadiri forum internasional, seperti Sidang Umum PBB juga datang dari Effendi Simbolon, anggota Komisi I dari Fraksi PDI Perjuangan. Menurut Effendi, suasana Sidang Umum PBB akan berbeda jika Jokowi yang berbicara, jangan hanya diwakilkan oleh Retno Marsudi dan Jusuf Kalla. Mungkin kurang untung bagi Indonesia menurutnya.

Jusuf Kalla selaku representasi pun menyampaikan keinginannya agar Jokowi datang ke Sidang Umum PBB di tahun-tahun mendatang. Menurutnya jika presiden yang bicara, maka kesempatan untuk didengarkan aspirasinya serta kesempatan maju lebih dahulu akan lebih besar. Intinya cost and benefit lah. Realis sekali orang-orang ini.

Tapi ya bener juga sih, kalo bukan Jokowi siapa lagi yang bakal hadir di Sidang Umum PBB. Ya masa Ma’ruf Amin?

Kalau kita nonton debat capres dan cawapres terakhir, kita pasti ngeh dengan pembawaan Ma’ruf Amin. Bukan apa-apa, tapi Ma’ruf Amin ini kan sudah sangat senior, kasian beliau kalo suruh ngomong depan komunitas internasional apalagi harus bepergian sangat jauh.

Jadi, Pak Jokowi mungkin ini udah saatnya mulai aktif dateng ke forum internasional kayak Sidang Umum PBB. Kasian kalo Pak Ma’ruf yang dateng, kan fisiknya gak seprima Pak Jokowi. Pak Jokowi sendiri kan yang bilang harus ada pembagian peran? (M52)

 

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.