Pemerintah Sangat Butuh Hoax?

Pemerintah Sangat Butuh Hoax?
Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Djoko Setiadi. (Foto: Setkab)
2 minute read

“Hoax needed to complete the premises of truth”


PinterPolitik.com

Pemerintah mulai geram dengan berbagai hantaman hoax atau berita bohong yang membabi buta, menyerang, dan menghantam siapapun, terutama kepada pemerintah melalui internet.

Hal ini dibuktikan dengan dikukuhkannya metamorfosa dari Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) yang bernama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Diketuai oleh Djoko Setiadi, BSSN akan membasmi hoax di area siber.

Wow, dunia maya hati – hati ada pemantau nih. Weleeeh weleeh.

Tapi pasca dilantik, Djoko Setiadi membuat pernyataan kontroversial. Ia menyatakan bahwa ada yang namanya hoax positif dan negatif, sehingga tak masalah bila masyarakat mengeluarkan hoax yang membangun. Ettt orang itu ngapa ya?

Coba gimana itu? Harusnya lembaga ini memberikan definisi yang jelas tentang hoax, jangan malah mengaburkan definisi dari hoax.

Ada negatif lah, positif lah, bahkan ada hoax membangun? Hmmm, malah jadi lembaga pancingan adanya hoax ya?

Seneng ya kalau buat bingung masyarakat? Weleeeh weleeeh.

Kalau ditinjau lebih jauhnya sih, lembaga ini juga dimungkinkan untuk mengendalikan kebenaran. Lah, bukankah seharusnya kebenaran itu sebagaimana adanya ya? Kok malah dikendalikan sih?

Itulah istimewanya pemerintah. Kan hanya penguasa yang mampu menjadi produsen hoax terbaik, itu katanya loh. Percaya tak percaya, coba direnungkan saja, weleeeh weleeeh.

Disaat anti hoax digaungkan, Pemerintah juga menyelipkan hoax versi teranyar dan mencoba mengatur kebenaran. Jadi nanti tak ada kebenaran selain kebenaran versi pemerintah. Weleeeeh weleeeh.

Di ujungnya, lembaga inilah yang mengatur dan mengendalikan, mana hoax yang baik buat pemerintah, mana hoax yang ga baik buat pemerintah. Artinya apa? Lembaga ini akan menjadi penyeleksi hoax.

Kalau ada hoax yang mengancam pemerintah, artinya apa? Pasti akan ada pihak yang tercydukkkk. Weleeeh weleeeh.

Tapi kalau bikin hoax yang baik buat pemerintah, akan diberikan penghargaan kali ya? Lencana apa gitu ya? weleeeh weleeeh.

Hoax yang baik untuk pemerintah itu contohnya gimana ya?

Baca juga :
Globalis: Trump vs Xi Jinping

Hmmm gini nih. Pemerintahan sekarang sangat baik dan solutif ya. Dari 10 kasus HAM berat, semuanya sudah diselesaikan. Luarbiasa, tak ada lagi beban masa lalu. Mantap. Tapi, itu adalah hoax!

Karena faktanya, baru 3 dari 10 kasus yang selesai. Nah itu contohnya. Hoax yang baik kan sama pemerintah? (Z19)