PDIP Fokus di Empat Provinsi

    PDIP Fokus di Empat Provinsi
    Foto: Istimewa
    3 minute read

    Setelah mendapat banyak kekalahan di Pilkada 2017, PDI Perjuangan mengubah strategi dan hanya fokus pada empat provinsi yang menjadi basis massanya.


    PinterPolitik.com

    Kalau tidak ada aral melintang, Senin (24/7) besok, berbagai koran di Jawa Tengah (Jateng) akan mengeluarkan pengumuman mengenai pembukaan pendaftaran bakal calon gubernur (cagub) PDI Perjuangan. “Mungkin iklannya sepertiga halaman,” kata Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto, di Kabupaten Klaten, Selasa (18/7), mengenai kesiapan partainya dalam Pilkada Jawa Tengah 2018.

    Sebelumnya, DPP PDI Perjuangan Jateng menyatakan telah mulai melakukan penjaringan bakal cagub di Pilkada Jateng 2018, dari 24 Juli sampai 18 Agustus 2017.  Menurut Bambang, penjaringan bakal calon gubernur Jateng itu terbuka untuk siapa saja, walau bukan kader PDIP. “Sudah ada beberapa yang kontak, seperti Mantan Pangdam Diponegoro, Pak Sunindyo. Ya, kita persilakan mendaftar saja.”

    Walau menyatakan kalau mekanisme penjaringan yang dilakukan bersifat transparan, namun DPD PDIP Jateng mengaku hanya bertugas menyiapkan kelengkapan data saja. Sedangkan kewenangan untuk memutuskan siapa yang akan dipilih sebagai cagub Jateng dari PDIP tetap di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

    Lalu bagaimana dengan peluang Ganjar Pranowo untuk kembali mendapat mandat dari Megawati sebagai cagub Jateng nantinya? Bambang enggan menjawab karena ia tidak mau berandai-andai. “Inkumben biasanya agak lambat mendaftarnya karena sungkan. Kita kan orang Jawa. Tapi kalau perintahnya sudah diluncurkan, ya mendaftar,” katanya.

    Secara terpisah, Bupati Boyolali Seno Samodro mengaku pernah ditawari Ganjar Pranowo untuk menjadi Wakil Gubernur Jawa Tengah pada periode 2018-2023. “Saat itu, kami sedang ngobrol santai. Tapi saya menolak tawarannya, biar fokus membangun Boyolali saja,” katanya. Namun, ia mengaku siap mengerahkan pendukungnya untuk memenangkan Ganjar jika kembali maju sebagai cagub Jateng.

    Ketua Umum PDI Perjuangan memfokuskan 4 provinsi dalam Pilkada 2018, salah satunya Pilkada Jawa Tengah.

    Sementara itu, dikabarkan kalau saat ini Megawati memiliki perhatian penuh pada empat provinsi  yang akan menggelar Pilgub pada 2018 mendatang. Empat daerah tersebut adalah Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sumatera Selatan. Meski begitu, beberapa provinsi lain, seperti Jawa Barat, juga menjadi perhatian. “Semua kawasan itu memang dikenal sebagai basis massa PDI Perjuangan,” kata Bambang.

    Ia menilai, kader dan pentolan PDI Perjuangan sudah berlari kencang, karena keempat wilayah tersebut partai banteng moncong putih ini punya kesempatan yang lebih besar dibanding daerah lainnya. “Mungkin lebih pada ikatan emosional. Bali mungkin karena ibu beliau (Megawati) dari sana. Sumatera Selatan mungkin karena ada Palembang, ada (leluhur) Pak Taufiq Kiemas. Sedangkan Jawa Tengah mungkin karena Kejawennya kuat juga,” terangnya.

    Bambang juga mengatakan kalau pihaknya telah melakukan survei dan pemetaan di Jateng. Sementara untuk Pilgub Jawa Timur, seorang sumber internal partai mengatakan partainya akan sejalan dengan Nahdlatul Ulama (NU). “Ada dua nama yang sampai saat ini masuk dalam radar kami. Kami sedang melakukan finalisasi. Tunggu saja. Untuk Jatim, bulan depan (Agustus), bakal kami umumkan. Semua nama juga sudah masuk ke ibu (Megawati),” pungkasnya.

    (Suara Pembaruan)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here