Mendagri Diet Kantong Plastik

mendagri diet kantong plastik
Tjahjo Kumolo. (Foto: Chirpstory).jpg
2 minute read

“Memelihara lingkungan sejatinya memelihara kehidupan.” ~Dadang Rahmat Hidayat


PinterPolitik.com

Kalian masih ingat nggak dengan penemuan paus yang mati terdampar terus pas dibedah perutnya, isinya plastik semua? 5,9 kilogram gaes. Ingetlah yaa, itu viral banget. Bahkan sampai masuk ke akun gosip. Emang fenomenal banget sih.

Jadi ya gaes, konsumsi plastik di bumi ini sudah sangat memprihatinkan. Apalagi di negara kita, yang sampai beli pulsa aja minta plastik. Edededeh, itu lebay ya. Tapi emang kita tuh ketergantungan banget sama plastik.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan, Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia yang dibuang ke laut. Aduhh, kita kok jahat banget sih? Kan ada makhluk Tuhan juga di dalam laut. Huhuhu.

Kenapa pula kita harus ketergantungan sama plastik? Kenapa nggak ketergantungan pohon gitu? Yang kalau nggak nanam pohon sehari aja bisa kejang-kejang. Wkwkwk. Tapi beneran deh, plastik itu kan bahaya banget untuk lingkungan dan tentu untuk makhluk hidup lainnya.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo nampaknya sadar banget dengan masalah tersebut. Doi bahkan meminta seluruh jajarannya untuk berhenti mengonsumsi air mineral kemasan plastik, karena sampahnya bisa membuat lingkungan tercemar. Intruksi ini berlalu baik di dalam maupun saat sedang menggelar acara di luar kantor.

Gimana? Gimana? Keren sekali ya? Tapi masalahnya, aturan Pak Tjahjo cukup dahsyat nggak untuk membuat jajaran Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) nurut nggak? Ya, paling tidak sadar gitu.

Anw, ternyata bukan cuma botol kemasan plastik deng, sedotan plastik juga nggak boleh. Mantap!

Dari pada diet makan tapi nggak kurus-kurus, mending diet kanton plastik biar bumi kita sehat. Ye nggak? Click To Tweet

Terus mau tahu yang lebih kerennya lagi nggak? Aturan ini berlaku juga bagi penjual makanan di lingkungan Kantor Kemendagri dan BNPP. Semua dilarang menjual air mineral dalam kemasan plastik. Peraturan ini akan disosialisasikan segera. Dengan cara apa?

Tjahjo memerintahkan untuk memasang poster spanduk di semua sudut tempat, termasuk di tempat jual makanan di lingkungan kantor.

Hmm, kalau bisa juga sambil ada hukuman-hukuman lucu juga dong Pak buat yang melanggar. Biar disiplin. Hehehe.

Aku sih berharap, langkah Pak Tjahjo ini bisa menjadi inspirasi instansi lainnya untuk melakukan hal yang sama. Biar bumi kita sehat terus. Uwuwuwuw… (E36)