Megawati ‘Unyu’ Bagi SBY

Megawati 'Unyu' Bagi SBY
Istimewa
2 minute read

“Contohnya banyak perempuan yang sukses di Indonesia ini. Di lembaga eksekutif, kita pernah punya presiden perempuan, Ibu Megawati.” ~ Susilo Bambang Yudhoyono.


PinterPolitik.com

Berbicara politik itu gak melulu tentang intrik akal bulus. Terkadang ada aja bumbu-bumbu pemanis yang diperlihatkan para politisi. Seperti halnya yang dilakukan Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memuji manis Presiden ke-5, Megawati Soekarnoputri. Kok tetiba jadi pingin nyanyi lagu Nella Kharisma ya, ‘Cie Cie’ hahaha.

Bukannya mereka ini gak akur ya, bahkan saking gak akurnya udah kayak film animasi anak Tom and Jerry. Kira-kira ada apa gerangan sih Pak SBY muji Ibu Mega? Emang mujianya kayak apa sih? Itu loh, pas peringatan Hari Perempuan Internasional, Pak SBY sempat muji Ibu Mega sebagai contoh perempuan sukses. Prikitiew.

Gak tanggung-tanggung mujinya loh. Pak SBY juga bilang kalau Megawati merupakan contoh sosok perempuan Indonesia yang sukses, karena bisa menjadi Presiden. Nah tuh, artinya kamu-kamu yang perempuan jangan sering mengeluh dan sebisa mungkin harus bisa berkontribusi nyata bagi Indonesia. Mantap jiwa.

Mujinya ini gak anget-anget bubur ayam kan Pak? Iya lah biar akur gitu loh. Masa akurnya karena menjelang momen Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 aja sih? By the way, para pengamat politik sih, bilangnya dibalik pujian itu ada pesan politik yang ingin disampaikan Pak SBY pada Ibu Mega. Bisa aja sih malu-malu meong-nya.

Pesan politiknya itu, apalagi kalau bukan mengenai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sejauh ini, konstelasi politik yang ada tampaknya bikin posisi AHY jadi gak aman. Pasalnya, Koalisi Poros Ketiga yang diharapkan juga gak kunjung muncul batang idungnya. Di sisi lain opsi yang paling realistis ya merapat ke koalisi partai pendukung Jokowi. Kuy lah merapat.

Toh sekalipun Koalisi Poros Ketiga lahir di bawah naungan AHY, belum tentu juga cukup amunisi untuk bersanding melawan elektabilitas Jokowi. Jangankan dengan Jokowi, elektabilitas AHY bahkan dikawatirkan masih di bawah Prabowo. Bikin Poros sendiri cuma untuk kalah? Mmm, rugi bandar banget itu mah. Pusing pala barbie ah.

Namanya wong Jowo, ya relatif suka dipuji, itu sebabnya Pak SBY memainkan peran yang sekiranya disukai Ibu Mega. Tapi belum tentu juga AHY dipinang loh ya, lah wong cuma muji bilang begitu doang. Coba mujinya bilang, ‘Ibu Mega, kamu unyu banget deh’. Uuuu, dijamin deh Ibu Mega bakal klepek-klepek. Pasti nanti AHY lancar jadi Cawapres Jokowi. Becanda deng, hahaha. (K16)

Share On

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here