Masa Depan Kali Item

kali item anies baswedan
Anies Baswedan di Kali Item. (Foto BreakingNews.co.id)
2 minute read

“Ketika pohon terakhir ditebang, ketika sungai terakhir dikosongkan, ketika ikan terakhir ditangkap, Barulah manusia akan menyadari bahwa dia tidak dapat memakan uang.” ~Eric Weiner


PinterPolitik.com

Sempat menjadi perdebatan, waring di Kali Item akhirnya dicopot gaes. Hayoo, udah ada yang bisa nebak kenapa bisa dicopot?

Petugas Dinas Sumber Daya Air membongkar waring di Kali Item karena sudah penuh sampah dan bolong-bolong. Hmm, sudah kuduga, Ferguso.

Orang kita tuh nggak bisa lihat hal ‘lucu’ dikit. Kreatif banget gitu loh. Bisa-bisanya waring dijadikan tempat sampah? Luar biasa bukan? Edededehhh…

Tapi emang dari awal, waring cuma dijadikan sebagai solusi sementara sih. Jadi, kekacauan macam begini mungkin juga sudah diperkirakan. Bagaimana pun solusi jangka pendek dari pemerintahan Gubernur DKI Anies Baswedan sudah cukup menyelamatkan citra bangsa kita di mata atlet dunia yang bertanding di Asean Games dan Asean Paragames kala itu. Apa itu bau? Hihihi.

Kan perhelatannya sudah selesai tuh. Sekarang sudah saatnya untuk memperbaiki keadaan Kali Item agar nggak menyiksa hidung terus-terusan. Tinggal ditagih solusi jangka panjang dari pemerintah.

Orang Indonesia kalau nggak buang sampah sembarangan sakit kepala atau kejang-kejang kali ya? Kok susah banget dibilangin. Click To Tweet

Kasi Operasi dan Pemeliharaan Bidang Aliran Timur Dinas SDA, Adrian Mara Maulana mengatakan, setelah pencopotan waring, Kali Item akan diturap atau sheetpile. Tahu turap nggak gaes? Itu loh, penyakit kulit yang suka bikin gatel-gatel. Eh itu kurap yaaa… Wkkwkwk…

Turap itu tembok vertikal yang ada di dinding kali ya gaes. Kenapa Kali Item harus diturap? Karena mau dikeruk. Sekarang Kali Item kan hanya ditemboki batu kali. Kalau maksa dikeruk, Dinas SDI DKI khawatir akan terjadi longsor. Kan Kali Item juga langsung bersinggungan sama jalan raya tuh. Ngeri gaes…

Penurapan juga harus dijalankan bertahap gaes, nggak bisa buru-buru. Sebelum Kali Item, sudah ada daftar sejumlah kali yang juga harus diturap. Ya, alon-alon asal kelakonlah

Setelah dikeruk, harapannya endapan lumpur di Kali Item akan terkuras sehingga aliran menjadi lancar. Kalau aliran dari hulu ke hilir lancar, keadakaan kali juga jadi lebih bersih. Bencana banjir bisa berkurang. Bau pun diharapkan akan lenyap.

Nah, itu tadikan tugas pemerintah. Rakyat jelata seperti kita juga punya tugas khusus nih, cukup tidak membuang sampah dan limbah ke kali aja, itu sudah sangat keren kok. Siap? (E36)