Ma’ruf Dilatih Bikin Gimmick

latiahan debat khusus maruf amin
Ma'ruf Amin. (Foto: Republika)
2 minute read

“Kata-kata palsu tidak hanya jahat dalam diri mereka sendiri, tapi juga menginfeksi jiwa dengan kejahatan.” ~Plato


PinterPolitik.com

KPU telah menetapkan 17 Januari 2019 sebagai hari debat pertama pasangan capres-cawapres berlangsung. Ulalala, tak sabar aku tuh mendengar gagasan dan visi misi dari kedua calon. Abis selama ini kebanyakan peran gimmick sih. Wkwkwk.

Btw, di antara semua peserta, cuma Ma’ruf Amin yang belum pernah memperlihat kemampuan berdebatnya. Kalau peserta lainnya kan udah ada yang pernah mengikuti debat Pilpres atau Pilgub berkali-kali. Jadi makin penasaran aku tuh…

Debat Pilpres menentukan pilihan hati masyarakat. Katanya... Click To Tweet

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin sih katanya sudah melakukan sejumlah persiapan khusus. Terutama dalam memoles Ma’ruf biar lebih cucok membahana badai di acara debat nanti.

Anggota Dewan Penasihat TKN Jokowi-Ma’ruf, Romahurmuziy atau Rommy mengakui, memang saat ini pihaknya sedang memberikan treatment khusus untuk Ma’ruf. Pemolesannya bukan cuma dilakukan dari sisi konten tapi tampilan.

Kan kita tahu ya, kalau waktu berdebat itu cukup singkat. Ya, waktu segitu aja kadang bisa menimbulkan perpecahan di dalam keluarga. Wkwkwk. Nah, karena waktunya yang singkat ini, pelatihan komunikasi politik yang efektif dan efisien untuk Ma’ruf sangat penting. Terutama dalam menyampaikan gimmick harus diperhatikan.

Pemolesan terhadap Ma’ruf sendiri dilakukan oleh tim khusus, yakni Anggota Direktorat Komunikasi Politik, Direktorat Konten, Direktorat Program, dan Direktorat Kampanye TKN. Tim khusus ini yang bertugas melakukan komunikasi politik di luar paslon untuk menyampaikan konten-konten material untuk mempersiapkan penampilan Jokowi-Ma’ruf.

Terus soal pelatihan ‘nge-gimmick’, Rommy mengaku kalau kemampuan Ma’ruf itu masih belum bisa menyamai Jokowi, yang katanya udah jago. Menurut Rommy, Jokowi udah biasa dengan penampilan political gimmick, tapi Ma’ruf belum.

Baca juga :
Mega Minta Menteri untuk Prabowo?

Hmmm, masak sih Kiai Ma’ruf masih mau dikasih gimmick? Gak mau tampil apa adanya aja? Apa sebenernya TKN gak pede sama penampilan apa adanya sang kiai? Loh, kan katanya udah siap turun debat. Terus gimmick apa yang cocok kira-kira buat Kiai Ma’ruf, ada yang punya ide? (E36)