Ma’ruf Amin Dipermalukan Esemka

Ma’ruf Amin Dipermalukan Esemka
Foto : Istimewa
2 minute read

“Manusia semaki tak tahu malu, apa mungkin rasa malu di antara manusia itu udah jadi barang yang langka?”


PinterPolitik.com

Cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin mengatakan proyek Mobil Esemka merupakan urusan swasta. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) non-aktif itu menekankan tak ada unsur pemerintah dalam proyek tersebut.

Ma’ruf berpendapat ide produksi Esemka memang perlu didorong. Namun, ia enggan menjelaskan hal apa yang perlu difasilitasi untuk mendorong proyek tersebut. Kata Ma’ruf produksi mobil itu merupakan urusan swasta, enggak ada urusannya deh sama pemerintah. Oleh karena itu, jadi atau enggaknya produk itu adalah urusan swasta. Weleh-weleh, kok gini amat ya? Jadi gini nih calon wakil presiden kita?

Saat berkunjung ke Jawa Timur pada September lalu, kata Ma’ruf mobil Esemka bakal diluncurkan pada Oktober 2018. Kok sekarang malah bilang itu bukan urusan pemerintah? Wkwkwk, gagal total dong pak kita punya mobil nasional! Duh aduh.

Terkait isu ini, sebelumnya memang banyak pihak yang mengatakan Ma’ruf melakukan tindakan menyebar hoaks. Namun, saat mengetahui hal ini, dirinya langsung merasa keberatan dengan tuduhan tersebut. Ma’ruf berkilah bahwa isu itu sekedar omongan yang diteruskan dari pihak yang ingin memproduksi Mobil Esemka itu. Wkwkwk, cuman bisa ketawa aja eyke mah, antara lucu yang bercampur sedih rasanya hati ini gengs.

Padahal nih gengs, mobil Esemka menjadi perhatian publik sejak dipopulerkan oleh Jokowi kala ia masih menjabat Wali Kota Solo loh. Esemka sendiri merupakan prototipe mobil uji coba karya pelajar SMK yang dibantu oleh teknisi perusahaan mapan.

Coba deh gengs, siapa di antara kalian yang kecewa sama Jokowi yang tidak bisa mewujudkan mobil Esemka? Kalau eyke, kecewa banget gengs. Click To Tweet Kecewanya tuh melebihi melihat mantan yang jalan sama pasangan baru cuy!

Eh tapi meskipun begitu, besar kecewa eyke bukan berarti eyke jadi mau pilih pasangan oposisi ya gengs, no way! Daripada harus milih pasangan nomor urut 02, lebih baik eyke milih logo KPU deh. Wkwkwkwk, bercanda ya gengs.

Ketimbang pusing pikirin tahun depan mau pilih nomor 01 atau 02, mending kita nyanyiin potongan lagunya Iwan Fals: “Hei jangan ragu dan jangan malu, tunjukkan pada dunia bahwa sebenarnya kita mampu.” (G35)