Luhut si ‘Susano’ Pelindung Jokowi

Luhut si ‘Susano’ Pelindung Jokowi
Istimewa
2 minute read

“Ada yang kritik tapi membangun, dia bilang kasih sertifikat kibulin rakyat. Dulu itu urus lama sekarang cepat, jadi asbun (asal bunyi) aja. Saya pikir enggak boleh asal ngomong saja.” ~ Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.


PinterPolitik.com

Bagi kalian penggemar berat film animasi jepang (anime) Naruto, pasti udah akrab dung ya dengan klan Uchiha. Klan ini memiliki keunikan karena jurus ninjanya yang bernama Susano’o atau Susano. Susano merupakan jurus pelindung dalam bentuk makhluk besar yang menyelimuti tubuh si penggunanya. Jurus ini memiliki serangan dan pertahanan yang tak tertembus. Tsadeest.

Nah dalam dunia politik, Presiden Jokowi ini udah kayak karakter Sasuke dalam anime Naruto loh. Jadi Jokowi sebagai Sasuke, memiliki jurus pelindung tak tertembus bernama Susano. Setiap ada yang mencoba mengkritik keras, sudah pasti akan berhadapan dengan jurus ini. Seperti yang dialami Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais.

Amien memang termasuk politisi yang gemar mengkritik Jokowi. Kritikan terbarunya, menyebutkan bahwa kebiasaan Presiden dalam membagi-bagikan sertifikat tanah kepada masyarakat, adalah pengibulan alias pembohongan. Tapi sepertinya tudingan ini gak diimbangi dengan alasan yang mendasar deh. Jadi wajar kalau banyak juga pihak yang kontra terhadap pandangan ini.

Salah satu orang yang paling sebel dengan tudingan receh ini, ya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. Gak tanggung-tanggung, Luhut bahkan menyemprot balik tudingan Amien. Nah, sifat spontanitas untuk melindungi Jokowi ini seakan-akan seperti jurus Susano dari Klan Uchiha. Bahkan tanpa diminta, Susano akan keluar dengan sendirinya untuk melindungi si pemilik jurus.


Kalau Susano udah keluar, kelar deh, jangan harap bisa ngumpet, sampe ujung dunia juga tetep dikejar. Itu sebabnya Luhut memperingatkan Amien dengan nada keras untuk berhati-hati dalam bertutur kata. Kalau masih suka asal kritik, Luhut bahkan mengancam akan menguak dosa-dosa Amien di masa  menjabat sebagai Ketua MPR dulu. Ngeri-ngeri sedap nih ancamannya.

Luhut memang terlihat marah besar, ketika junjungannya itu dikritik dengan tudingan yang gak berdasar. Dalam usia Amien sekarang yang menginjak 73 tahun, entah apa yang sedang ia cari dengan mengkritik Presiden seperti itu. Apa udah gak ada isu berkelas yang bisa diangkat lagi nih untuk mengkritik Jokowi? Masa sekelas Amien masih main isu receh gitu sih. Hadeuh, aya aya wae ah. (K16)