KPI Sibuk Urus Paha Perempuan?

psi dukung blackpink
Blackpink. (Foto: Detik)
2 minute read

“Oh wait til’ I do what I do… Hit you with that ddu-du ddu-du du… Ah yeah, ah yeah… Hit you with that ddu-du ddu-du du…” ~Lirik Lagu Blackpink-Ddu-du-ddu-du


PinterPolitik.com

Masih inget nggak soal iklan situs belanja daring Shopee yang dipetisi karena menampilkan ‘paha’ para cewek-cewek cantik dari grup musik Blackpink? Pasti inget dong ah? Jangan-jangan malah ada yang mulai rindu iklan itu bisa tayang lagi? Hmm, rasa-rasanya sudah tidak mungkin, bukan hanya karena dipetisi, tapi juga karena Harbolnas sudah lewat. Wkwkwkwk.

PSI juga ikut komentar terkait teguran Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) terhadap 11 stasiun televisi atas penayangan iklan tersebut terlalu mengada-ada. Hmmm, berani sekali PSI bilang begitu? Nggak tahu apa kalau iklan tersebut mengumbar aurat? Hanya sekadar mengingatkan, akan lebih baik jika tertutup. Hiya, hiya, hiya.

Iklan Shopee yang ada Blackpinknya itu memang menarik. Namun akan lebih baik jika tertutup. Sekadar mengingatkan. Yhaaa~ Click To Tweet

Juru Bicara PSI Dara Adinda Nasution menilai iklan tersebut tidak bertentangan dengan aturan KPI yang diikuti stasiun televisi. Tidak layak dikategorikan merendahkan perempuan ataupun bertentangan dengan nilai-nilai kesopanan masyarakat Indonesia.

Kalau ada satu bagian iklan yang menggambarkan close up dan middle close up dari bagian-bagian tubuh tertentu itu baru melanggar Standar Program Siaran KPI. Tapi ini kan nggak. Terus juga, menurut Dara, nggak ada tuh larangan dalam peraturan penyiaran di Indonesia mengenai penampilan Blackpink yang mengenakan rok mini di iklan tersebut.

Gimana? Gimana? Peraturannya memang nggak ada. Itu kan hanya penilaian subjektif dari sebagian ibu-ibu yang takut otak anaknya ternodai karena melihat ‘paha’. Makannya dipandang meresahkan gitu loh. Moon maap nih PSI, saya hanya sekadar mengingatkan. Wkwkwkwk.

Dara meminta KPI selektif dan bersikap merujuk pada aturan-aturan yang telah dibuat serta menghargai kreativitas masyarakat. KPI diminta tidak menjadi lembaga yang serba melarang hanya karena ada suara masyarakat tertentu.

Baca juga :
Menelisik Rizieq Ditarik ke Rekonsiliasi

Ketimbang sibuk ngurusin dada dan paha perempuan, Dara menilai KPI lebih baik menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah di dunia penyiaran yang lebih mendesak.

Nah, ini! TV-TV kita banyak banget yang menyiarkan acara nggak bermutu. Gosip-gosip sampah, keributan-keributan selebriti yang harusnya nggak dibawa ke ranah umum, acara lawakan yang mempertontonkan adegan bullying, dan lain-lain. Itu kayaknya bisa lebih merusak moral dibanding iklan Blackpink. Sekali lagi ini hanya sekadar mengingatkan loh yaaaa… (E36)

Facebook Comments