Kena Hoaks, HNW Mencak-mencak

Hidayat Nur Wahid Kena Hoax PKI
Foto: Istimewa
2 minute read

Wakil Ketua Dewan Majelis Syuro PKS ini mencak-mencak karena orangtuanya dituding PKI. Berita basi, kok tetap ditanggapi?


PinterPolitik.com

Siapa sih yang rela orangtuanya dijelek-jelekin? Terlepas apakah wajahnya benar jelek apa enggak, tetap saja orangtua itu patut dan wajib dihormati. Baik masih hidup, maupun sudah mati. Orangtua orang lain, apalagi orangtua sendiri. Jadi wajar aja kalau Hidayat Nur Wahid – yang karena namanya kepanjangan dan supaya ikut kekinian jadi sering disingkat HNW ini, mencak-mencak waktu ada orang yang bilang orangtuanya PKI. Herannya, kalau dia bilang isunya udah basi, tapi kok masih juga ditanggapi?

Isu PKI memang lagi ngehits  September ini, dari polemik pembuatan film G30S sampai menyerbuan YLBHI. Bukan hanya politisi dan pengamat yang beradu argumentasi, di dunia maya komentar-komentar netizen banyak juga yang bikin ngeri. Salah satunya, ya berita hoaks tentang orangtua HNW ini. Herannya, enggak ada angin, enggak ada hujan, kok ujug-ujug HNW yang kena tuding PKI? Biasanya kan Jokowi atau PDI Perjuangan, “jangan-jangan ini aksi balas dendam cebongers”, begitu tudingannya pasti.

Walau tidak membenarkan penyebaran hoaks tersebut, tapi HNW seharusnya sih enggak perlu mencak-mencak juga diberbagai media. Semua orang yang punya akal sehat, pasti enggak bakal percaya begitu aja. Mana mungkin seorang wakil ketua Dewan Majelis Syuro PKS, “partai para pemilik surga”, orangtuanya komunis. Seharusnya HNW tetap tawadhu, dengerin tuh perkataan Amien Rais yang bijak, kalau sekarang keluarga keturunan PKI pun tidak akan diintimidasi seperti di era Orba lagi.

Bingung memang, Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) ini bisa bicara begitu. Padahal beberapa bulan lalu, ia termasuk yang keukeuh nyuruh Jokowi periksa tes DNA, takut ada keturunan darah PKI di tubuhnya. Eh sekarang pas Jokowi merestui penayangan kembali film G30S, malah dibilang membuka luka lama segala. Ujung-ujungnya yang salah Jokowi lagi, Jokowi lagi. Yah namanya juga orangtua, sudah sering lupa, mungkin terkena gejala Demensia. Abaikan saja.

Baca juga :
Jabatan Fungsional TNI, Manuver Jokowi

Jadi intinya begini, jangan suka sembarangan nuding orang lain PKI. Apalagi pakai bawa-bawa tanah kelahiran dan orangtua segala, enggak enak kan kalau ikut kena tuding? Untung HNW belum diminta ikut tes DNA juga. Bukan berarti yang nuding Jokowi PKI itu HNW, lho ya? Tulisan ini jangan diplintir-plintir lagi. Cuma sekedar contoh aja, kasihan kan kalau semua orang yang kelahiran atau tinggal di Klaten dituding keturunan PKI. Coba kalau daerah kamu yang kena tuding begitu, pasti ikut emosi dan mencak-mencak juga kan? (R24)

Facebook Comments