Jokowi Santri, Fakta atau Hoaks?

jokowi santri situbondo
Joko Widodo. (Foto: Denny Siregar)
2 minute read

“Kebaikan seorang santri tidak dilihat ketika dia berada di Pondok, melainkan setelah dia menjadi alumni.” ~Gus Dur


PinterPolitik.com

Antek PKI, bukan seorang muslim, sampai dicap anti Islam kerap disematkan para haters pada Presiden Joko Widodo. Meski berkali-kali doi dan pihaknya menyangkal, tapi citra tersebut tak lantas lepas dari wajah Jokowi. Bahkan, setelah memilih ulama sebagai pasangannya di Pilpres 2019 saja, jeratan citra tersebut seperti enggan lepas dari lehernya. Keciann..

Eh tapi ya, kemarin calon wakil presiden Ma’ruf Amin menyebutkan fakta baru tentang Jokowi. Apa itu? Beliau mengatakan kalau Jokowi sebenarnya adalah seorang santri.

Hmm, tapi moon maap, maksud santri yang dimaksud kayak gimana nih? Sejak ada politikus yang mendadak dapat gelar santri dan ulama, arti kedua hal tersebut jadi sedikit meluas di kepala nich. Wkwkwkwk.

Ternyata, menurut Ma’ruf, Jokowi pernah belajar agama di pondok pesantren Situbondo, Jawa Timur. Beneran nggak yak? Ehh..

Di tahun politik begini, pengertian 'santri' jadi makin luas saja. Click To Tweet

Di hadapan para kiai, santri, dan masyarakat Kabupaten Lebak, kemarin Ma’ruf mengaku baru mengetahui fakta Jokowi pernah belajar di pondok pesantren Situbondo, Jawa Timur saat melakukan pertemuan bersama kiai di Sukorejo. Dalam pertemuan itu para kiai menyebut bahwa Jokowi pernah belajar agama di Ponpes KH As’ad Samsul Ali.

Hmm, tapi yang aneh kenapa dari dulu Jokowi nggak pernah cerita tentang ini ya? Kan serangan tentang dirinya yang katanya anti-Islam itu masif banget.

Ehh, tunggu dulu deh gaes. Kiai Ma’ruf baru bikin klarifikasi nih gaes. Kemarin kan bilangnya, Jokowi dan dirinya sama-sama santri. Cuma bedanya Ma’ruf mondok di Tebuireng, Jokowi di Situbondo. Tapi tadi pagi di media massa bilangnya beda lagi gaes.

Jokowi ternyata nggak pernah mondok, tapi pernah diajarkan agama oleh seorang guru yang merupakan alumni dari Situbondo. Nah, atas alasan itu Pak Presiden bisa disebut sebagai santri Situbondo.

Jadi gimana nih, jadi kalau kita punya guru santri otomatis kita bisa disebut santri nih? Terus gelar santrinya jadi apa dong? Apa sama kayak Sandiaga Uno?