Jokowi: Mana Ukhuwah Kita?

jokowi bagi bagi sertifikat
Joko Widodo. (Foto Topsimage.com)
2 minute read

“Bangunlah suatu dunia dimana semua bangsanya hidup dalam damai dan persaudaraan.” ~Soekarno


PinterPolitik.com

Presiden Joko Widodo sedang gencar sekali ikut bagi-bagi sertifikat tanah. Rajin banget gitu. Terakhir doi bagi-bagi sertifikat di Jakarta Timur. Ya, katanya doi sedang mengejar target 7 juta sertifikat pada 2018.

Gitu dong, makin dekat pemilu, makin gencar cetak prestasi. Makin rajin menunjukkan kinerja. Kan mantap. Dari pada sibuk berkata-kata kasar yang kontroversial. Omongan sontoloyo, genderuwo dan ancaman soal tabok-tabokan Bapak itu bikin panas masyarakat loh. Ya, tapi maklum sih, namanya juga manusia ya, kadang ada kesalnya juga. Baik terus nanti dikira pemimpin boneka ya nggak? Wkwkwk.

Eh tapi kemarin aku juga sempet denger loh kekhawatiran Bapak. Soal maraknya masyarakat kita yang saling sikut hanya karena berbeda pilihan di Pilpres 2019. Tapi emang bener Pak, sampai yang satu pengajian nggak mau sapa-sapaan!

Waduhh, gawat banget. Itu baru beda pilihan capres ya, belum beda yang lain. Terus juga yang nggak kalah ngeri, masa di pengajian bukannya dapat ilmu malah dapat musuh hanya karena Pilpres? Ckckckck.

Pilpres itu momen pemilihan pemimpin. Bukan momen bagi-bagi kebencian ya... Click To Tweet

Kayaknya para kawan-kawan sekalian harus dengar nasihat Pakde yang satu ini deh. Pilpres itu memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap persatuan dan kesatuan bangsa. Katanya negara demokratis. Tapi tiap pemilu berantem. Malu dong ah

Kadang ku bertanya-tanya loh, kapan ya masyarakat kita bisa lebih dewasa dalam berpolitik? Biar kalau ada berita hoaks itu nggak langsung percaya. Biar kalau demo itu nggak ricuh. Biar nggak dikit-dikit mengkafirkan saudara seagamanya. Ngeri gitu loh…

Tapi ya kalau dipikir-pikir, kadang elite politiknya juga sih yang mancing keributan. Tidak mencontohkan hal yang baik ke rakyat. Bisa aja kan ternyata rakyat kita tak sengaja diadu domba karena politikusnya juga membuat panas.

Gaes, dengerin deh kata presiden. Pilpres itu hanya kontestasi politik, hal yang biasa dan tidak perlu dilebih-lebihkan. Persatuan kita tuh lebih berharga dari gelaran lima tahunan. Mana ukhuwah kita? Di mana gaes? (E36)