Jokowi “Jual” Freeport Untuk Kampanye

Jokowi “Jual” Freeport Untuk Kampanye
Foto : Istimewa
3 minute read

“Orang yang mengejar dua ekor kelinci, akan kehilangan keduanya.” ~ Konfusius


PinterPolitik.com

Cie, Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat hadiah dari McMoran. Kode-kode didukung jadi cawapres nih bu? Atau sudah ada kesepakatan terkait dukungan untuk Jokowi dua periode?

Sebelumnya nih gengs, dikabarkan kalau induk holding BUMN tambang, PT Inalum melakukan penandatanganan perjanjian awal Head of Agreement (HoA) dengan Freeport McMoRan Inc, PT Freeport Indonesia, dan Rio Tinto.

Perjanjian awal ini merupakan payung hukum yang memberi kepastian Indonesia resmi mengambil alih saham Freeport hingga 51 persen.

Kesempataan yang diberikan untuk berapa lama nih bu? Apa kesepakatanya akan berakhir setelah Jokowi terpilih dua periode? Atau tambangnya sudah hampir habis emasnya jadi dikasih ke Indonesia? Ahahaha.

Aduh miris ya kalau benar begitu. Niatnya mah mau untung, eh malah buntung. Memang menjadi langkah yang baik jika benar 51 persen saham diambil alih oleh Indonesia tanpa bantuan atau kesepakatan lain di luar itu.

Sri Mulyani memang mengatakan bahwa penandatanganan ini merupakan suatu langkah strategis untuk mewujudkan kesepakatan pemerintah dengan PT Freeport Indonesia dan Freeport McMoRan Inc yang telah dicapai pada 27 Agustus 2017 lalu.

Adapun kesepakatan pada 27 Agustus 2017 antara lain terkait landasan hukum yang mendasari bentuk Izin Usaha Pertambahan Khusus (IUPK) untuk Freeport, divestasi saham 51 persen untuk kepemilikan Indonesia, pembangunan smelter di dalam negeri, penerimaan negara yang lebih besar dibandingkan Rezim Kontrak Karya, dan perpanjangan operasi dua kali 10 tahun.

Baca juga :  2030: Saudi, Indonesia, Michael Porter

Sri Mulyani mengatakan untuk mendukung divestasi saham sudah dilakukan perjanjian antara Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika, yang nantinya secara bersama akan mendapatkan hak 10 persen saham Freeport.

Walah mantap lah kalau begini, sudah cukup membungkam oposisi tuh bu hehehe.

Tapi ada beberapa media nasional dan internasional mengabarkan bahwa ada empat bank asing yang siap bergotong royong memberikan pinjaman untuk akuisisi 51 persen saham itu. Aduh apa lagi itu? Ini sama saja untuk asing-asing lagi dong bu? Hehehe.

Nah, di kesempatan yang sama, Menteri ESDM Ignasius Jonan berharap perjanjian ini bisa segera difinalisasi. Dia juga berharap aturan stabilisasi investasi melalui Peraturan Pemerintah segera selesai agar IUPK Operasi Produksi setelah divestasi bisa tuntas dan stabilitas investasi sudah sepakat.

Smelter dan ketentuan lain itu sudah enggak ada masalah dari tahun lalu. Begitu katanya.

Sudah mendekati tahun Pilpres ya? Jadi pada kompak nih tiga kementerian Jokowi. Semua tekesan unjuk gigi untuk mencuri hati rakyat dan membuat hati  Presiden berseri, nah kalau gitu periode kedua terpilih lagi deh ahahaha. Jadi Freeport jual sahamnya, lalu Jokowi “jual” Freeport untuk kampanye gitu? Tajuknya keberhasilan akuisisi saham perusahaan asing, jadi pantas untuk dipilih lagi.

Iya deh Pak, yang penting kali ini beneran loh dibelinya. Jangan sampai kayak waktu itu, yang katanya belum ada kesepakatan tapi sudah diumumkan.

Baca juga :  Sri Mulyani ‘Sogok’ Menteri PUPR?

Kan bikin malu! (G35)

Share On