JK Maju Pilpres Lagi?

JK Maju Pilpres Lagi?
Istimewa
2 minute read

“Putusan MK hari ini semakin menguatkan dan meyakinkan kami untuk mengusung Pak JK jadi calon Presiden didampingi AHY sebagai wakilnya di Pemilu 2019,” ~ Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon.


PinterPolitik.com

Entah apa perasaan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) usai mendengar kabar bahwa Putusan MK menolak permohonan uji ketentuan Pasal 169 huruf n dan Pasal 227 huruf i UU Pemilu tentang masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden. Dengan putusan tersebut, JK tidak dapat maju lagi sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2019 mendatang.

Lah emangnya Pak JK masih berhasrat ya jadi cawapres lagi? Rasanya dia selalu bilang udah terlalu uzur untuk itu deh. Mungkin ini semua gegara kemenangan Mahathir Mohamad pada Pemilu di Malaysia beberapa waktu lalu. Kalau Mahathir yang usia 92 tahun aja bisa, JK yang baru 76 pasti juga bisa? Mmm.

Ada sih yang nganggap Pak JK dan partai-partai pendukungnya masih ngincer posisi cawapresnya Jokowi. Lagian kan katanya penggugat UU Pemilu itu emang penggemarnya Pak JK. Bisa jadipernyataan dia yang selama ini bilang mau nimang cucu dan cicit itu gak sepenuhnya bener. Wah, bisa auto dosa tuh!

Meski Putusan MK ini menyatakan JK gak bisa maju lagi sebagai cawapres, bukan berarti peluang dia untuk maju di Pilpres menjadi kandas loh. Ya kan Undang-undangnya masih bisa diakalin. Gimana caranya?  Ya tinggal maju sebagai calon presiden. Mmm, emangnya ada Partai yang mau mengusung ya?


Eits, jangan salah, ada loh. Malah partai ini keliatan paling getol untuk mengusung JK maju sebagai capres. Partai yang dimaksud adalah Demokrat. Partai dibawah nahkoda Presiden RI keenam ini belakangan terlihat ingin menduetkan JK dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Makin kece badai tuh.

Tapi masih ada PR lah ya kalau Demokrat mau mengusung capres. Toh mereka tetep membutuhkan partai lain sesuai ketentuan presidential threshold. Kalau dua nama ini rekomendasinya dari Demokrat sendiri, terus kira-kira ada gak ya partai lain yang juga mau ikut mengusung pasangan ini? Ya kali ada makan siang yang gratis dalam dunia politik, hahaha. (K16)

Baca juga :
Good Bye Jonan, Welcome Arcandra?

Related Posts