Jika Debat Pilpres Soal Orba

korupsi orba di debat capres
Joko Widodo dan Prabowo Subianto. (Foto: Rimanews.com)
2 minute read

“Dan waktu adalah satu-satunya obat.” ~Paulo Coelho


PinterPolitik.com

Inget nggak waktu Prabowo Subianto mengatakan kalau korupsi di Indonesia saat ini sudah seperti kanker stadium 4? Iya, parah banget. Macam nggak bisa disembuhin gitu. Nggak ada lagi obatnya. Ngeri gaes.

Nah, gara-gara Prabowo mengungkit soal korupsi, akhirnya tercetuslah ide dari Sekjen PSI Raja Juli Antoni untuk mengusulkan agar ‘korupsi Orde Baru (Orba)’ masuk sebagai materi debat Pilpres 2019.

Aihh, kenapa korupsi harus selalu diserempet-serempetin dengan Orba sih? Kasihan loh Partai Berkarya yang sudah capek-capek eksis untuk memperbaiki nama baik Orba. Haduhhh, partai masih baby dikasih cobaannya berat juga nih. Uluh-uluh…

Setuju nggak kalau korupsi Orba menjadi tema debat Pilpres 2019? Click To Tweet

Konon, usulan materi debat tersebut tercetus selain karena pernyataan Prabowo, tapi juga didasari oleh perhatian publik yang masih sangat tinggi terhadap isu korupsi. Nah, biar lebih menarik, nanti diskusinya dibandingkan gitu korupsi di zaman Orba dan era kini.

Raja mengklaim Jokowi sebagai seorang reformis saat ini sudah berjuang untuk menekan angka korupsi. Semangat tersebut pun dinilai masih bergelora hingga saat ini.

Dengan adanya debat tersebut, masyarakat bisa mengetahui, iya korupsi masih ada, masih marak, terus juga menjadi masalah serius bangsa, tapi apa iya lebih buruk? Tema tersebut juga dinilai bisa mengungkap akar korupsi di Indonesia.

Apalagi, Prabowo itu kan bagian dari Orba, terus juga ada Partai berkarya yang menjadi partai pengusung Prabowo-Sandiaga, jadi akan pas banget jika berdebat soal perbandingan angka korupsi di rezim dulu dan sekarang.

Usulan tersebut ternyata sudah sampai ke telinga KPU gaes. Komisioner KPU, Viryan Aziz mengatakan dalam menentukan materi debat pihaknya akan mengundang dan meminta masukan para ahli. Dia mengatakan tema atau materi debat nantinya akan diambil dari kondisi kebangsaan. Sedangkan usulan dari TKN Jokowi-Ma’ruf tersebut akan menjadi salah satu yang dipertimbangkan.

Wah, wah, bakal jadi apa Prabowo dan kawan-kawan kalau usulan tersebut dampai disetujui KPU? Bakal babak belur nggak ya? Ihiww… jadi nggak sabar aku tuh… (E36)