Imitation Game Jokowi Atasi Pengangguran

Imitation Game Jokowi Atasi Pengangguran
Foto: Istimewa
2 minute read

Kartu Pra Kerja masuk dalam skema pengembangan skill dari pekerja, jadi ada dalam RPJMN 2020-2024 itu sudah ada skema penguatan skill dari pekerja.” ~ Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro


PinterPolitik.com

Waduh, ngeri nih program kartu Pra Kerja milik Joko Widodo (Jokowi) ternyata sudah dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Kayaknya Pakde cukup serius nih menggarap masalah pengangguran di Indonesia. Ya, walaupun belum tahu ya dananya dari mana. Ups!

Nah, ngomong-ngomong soal lapangan kerja, mau tidak mau pasti akan ingat dengan kampanyenya cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno. Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini memang sering membawa isu tentang lapangan kerja ini salah satunya  lewat program OK OCE yang menurutnya  sukses di Jakarta.

Wah, jangan-jangan kartu pra kerja ini jadi jawaban atas usaha Sandi yang terus-menerus menggunakan isu lapangan kerja dalam kampanyenya ya? Wah, kalau kayak gini jadi kayak imitation game ya, kubu 02 punya apa, akan dijawab oleh kubu 01 dengan sesuatu, semacam lu jual gue beli gitu lho!

Memang sih Program OK OCE tidak sepenuhnya apple to apple dengan kebijakan Kartu Pra Kerja Pakde, tapi setidaknya dari dua program ini sama-sama menyentuh para penganguran bro. Ahahaha.

Kalau dibandingkan, Jokowi dengan Kartu Pra Kerjanya akan mengatasi masalah pengangguran dengan melatih calon pekerja sambil diberikan kucuran dana layaknya gaji pegawai. Sementara itu, Sandi bersama OK OCE-nya lebih memilih jalur kewirausahaan untuk menyelesaikan masalah lapangan kerja.

Baca juga :
Sandi Berani Berantas Makelar UN?

Nah, menurut kalian gimana. Lebih kece dan lebih berdampak Program OK OCE Sandi atau Kebijakan Kartu Pra Kerja Pakde? Selain itu, menurut kalian apakah dari kedua Pogram ini akan langgeng alias tidak muncul pas tahun politik saja?

Ingat akhirat, jangan banyak hutang janji ya! Click To Tweet

Hmmm, semoga saja apa yang menjadi niatan para calon pemimpin kita tidak sekedar wacana seperti yang sudah-sudah. Tapi, kampanye dengan program seperti ini sebenarnya baik buat masyarakat, tinggal masyarakat aja yang memilih yang mana yang paling masuk akal buat mereka. Ya, semoga cita-citanya juga bisa beneran berdampak sama kita bukan hanya berdampak sama mereka-mereka yang punya kekuasaan. Ahahaha (G42)

Facebook Comments