ILC Gagal Tayang, Rezim Posesif?

ILC Dibredel Rezim Posesif
ILC tvOne. (Foto: Tirto)
2 minute read

“Jika saya diberi kesempatan untuk menentukan apakah kita harus memiliki pemerintahan tanpa media atau media tanpa pemerintahan, aku tidak akan ragu untuk memilih pilihan yang terakhir.” ~Thomas Jefferson


PinterPolitik.com

Acara diskusi mingguan Indonesia Lawyers Club (ILC) mendadak gagal tayang pada Selasa (28/8/2018). Waduh, kali ini alasannya kenapa lagi ya?

Melalui akun youtubenya, Rocky Gerung mengatakan kalau acara ILC batal tayang karena kendala teknis (tekanan istana). Ah masa? Emang rezim saat ini sudah benar-benar panik? Kok jadi posesif banget sih. Huhuhu.

Melihat peristiwa ini ku jadi ter-flash back dengan rezim Orba. Waktu itu juga banyak media yang dibredel (dicabut hak tayangnya) karena dianggap terlalu keras mengkritik pemerintah atau golongan tertentu. Ku jadi takut kalau ternyata pemerintah sekarang beneran jadi galak sama kritikan. Ihhh ngeri kali~

Fadli Zon, yang harusnya menjadi salah satu narasumber pada acara tersebut pun nggak ketinggalan untuk memanas-manasi. Doi berprasangka kalau ILC telah dipersekusi oleh pemerintah, sama seperti yang dialami dengan beberapa aktivis gerakan #2019GantiPresiden.

Ah, Bang Fadli emang paling bisa deh kalo mengkait-kaitkan. Benar-benar politisi tulen. Wkwkwkwk.Acara ILC jadi kerap gagal tayang sejak era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Cuma kebetulan atau memang betul dibredel? Click To Tweet

Pihak istana membantah tuduhan tersebut. Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin berkelakar kalau Fadli seperti miskin kepercayaan diri karena kerap berprasangka buruk. Tuduhan Fadli Zon bahwa pemerintah mempersekusi ILC adalah sikap yang tidak bijak.

Acara yang pernah berkali-kali mendapatkan penghargaan Panasonic Gobel Award (PGA) ini ternyata sudah beberapa kali mengalami gagal tayang, seperti pada akhir 2016, saat sedang hangat-hangatnya isu aksi 212. Kemudian pada awal 2017 ILC yang saat itu hendak mengangkat tema ‘makar’. Selanjutnya pada 24 Januari 2017, ILC dengan tema “Membidik Rizieq” kembali gagal tayang.

Pemimpin Redaksi tvOne Totok Suryanto memberikan klarifikasi kalau ini merupakan hal yang lumrah terjadi. Menurut Totok, kadang acara harus dibatalkan karena topiknya ganti atau breaking news, atau juga pernah acara tidak tayang karena Karni Ilyas sedang pelesiran ke luar negeri.

Hmmm, tapi tunggu dulu deh, dilihat dari waktu gagal tayang, kenapa ILC gagal tayang banyak kejadian di era Presiden Joko Widodo ya? Dulu-dulu nggak pernah deh. Apa cuma kebetulan? Hmmm. (E36)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here