Hayo, Pilpres Pilih Siapa?

polling Pilpres 2019
Debat Kelima Pilpres 2019 (Foto: Antara Foto)
2 minute read

“Bila cinta memang harus memilih, katakanlah pasti kepadaku. Dia atau daku kasih, dapatkan cintamu”. – Ruth Sahanaya, Merenda Kasih


Pinterpolitik.com

Gak kerasa ya, Pemilu 2019 sudah di depan mata. Tinggal hitungan jam pesta demokrasi satu hari paling terbesar ini akan hadir di tengah-tengah kita. Di antara proses pemilihan yang ada di Pemilu tahun ini, Pilpres mungkin jadi pemilihan yang paling banyak menyita perhatian ketimbang pemilihan di tingkat legislatif.

Nah, sudah punya pilihan belum di Pilpres 2019? Menurut kalian siapa yang lebih layak untuk dipilih, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin atau nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno?

Terkait dengan hal itu, para followers Pinterpolitik di Instagram ternyata punya pilihannya masing-masing gaes. Pasca debat yang berlangsung selama lima kali, para followers itu punya penilaian masing-masing kepada kandidat-kandidat yang akan berlaga.

Pasca debat perdana capres dan cawapres, pasangan Prabowo-Sandi tampak unggul dari Jokowi-Ma’ruf di mata para followers Pinterpolitik. Mereka unggul jauh dengan perolehan 71 persen berbanding 29 persen. Wow, jauh banget ya.

Nah, ternyata pasangan nomor urut 01 sempat membalikkan keadaan setelah debat kedua yang hanya dihadiri capres rampung. Di mata followers Pinterpolitik, tampaknya penampilan Jokowi lebih berkesan sehingga mendapatkan suara 53 persen berbanding milik Prabowo 47 persen.

Hasil polling Instagram Pinterpolitik tunjukkan pasangan nomor urut 02 memiliki tren lebih baik di mata followers. Click To Tweet

Di debat cawapres, para netizen ini tampaknya punya suara berbeda dengan debat capres. Sandi berhasil merebut hati 58 persen followers sementara Ma’ruf mendapatkan 42 persen suara.

Keunggulan itu tampak dipertahankan oleh Prabowo di debat capres berikutnya. Prabowo unggul tipis dari Jokowi dengan perolehan 51 persen berbanding 49 persen.

Baca juga :
Politik Kebahagiaan Sandiaga Uno

Di debat pilpres pamungkas, pasangan nomor urut 02 juga masih tampak menarik perhatian dari para pengunjung Instagram Pinterpolitik.  Mereka memperoleh suara 56 persen, sementara Jokowi-Ma’ruf mendapatkan 44 persen.

Emang sih, ini kan polling dari Instagram, jadi ya tidak bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Tapi, ini bisa jadi gambaran kalau followers Instagram Pinterpolitik punya pilihan dan penilaiannya sendiri terhadap masing-masing kandidat yang bertarung.

Dari hal tersebut, kecenderungan tren pilihan para followers itu lebih dekat dengan pasangan nomor urut 02. Dalam beberapa kali debat, pasangan nomor urut 02 tampak lebih mampu merebut hati para netizen, dalam konteks ini para followers Instagram Pinterpolitik.

Nah, itu kan kata para netizen, mungkin aja bisa jadi patokan gambaran performa para kandidat terutama di debat Pilpres. Terus, kalian sendiri jadinya bakal pilih siapa? (H33)

 

Facebook Comments