GEMPA 6,6 SKALA RICHTER GUNCANG SUMBA BARAT DAYA

    GEMPA 6,6 SKALA RICHTER GUNCANG SUMBA BARAT DAYA
    Gambar: google earth/K12
    2 minute read

    Gempa juga dirasakan di dua tempat di Nusa Tenggara Barat (NTB) yakni di Mataram II SIG-BMKG (III MMI) dan BimaII SIG-BMKG(III-IV MMI).


    pinterpolitik.comJumat, 30 Desember 2016

    TAMBOLAKA – Guncangan gempa Bumi dengan kekuatan magnitudo 6,6 Skala Richter di Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT Jumat (30/12/3016) pagi pukul 05.30 WIB dirasakan juga hingga Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali.

    Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Kupang Hasanudin mengatakan, selain di dua provinsi tetangga itu, gempa juga dirasakan di tiga kabupaten di NTT.

    Gempa bumi dirasakan di tiga tempat di Provinsi Bali yakni di Kuta II SIG-BMKG III Modified Mercalli Intensity (MMI) Gianyar II SIG-BMKG (III MMI) dan Denpasar II SIG BMKG(II-III MMI).

    “Gempa juga dirasakan di dua tempat di Nusa Tenggara Barat (NTB) yakni di Mataram II SIG-BMKG (III MMI) dan BimaII SIG-BMKG(III-IV MMI),” ucapnya.

    Sementara guncangan gempa bumi di NTT dirasakan di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur II SIG-BMKG(III-IV MMI),Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya II-SIG BMKG (V MMI), Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat II SIG-BMKG(III MMI), Ruteng Kabupaten Manggarai II-SIG BMKG(III MMI) dan Ende II SIG-BMKG(II-III MMI).

    “Hingga saat ini kita masih menunggu informasi terkait kerusakan bangunan yang ditimbulkan akibat gempa itu,” katanya.

    Intensitas dan lama gempa dirasakan berbeda-beda di beberapa tempat:

    • Gempa ini dirasakan cukup kuat di Sumba Barat Daya selama ± 5 detik, masyarakat sempat panik, namun belum ada laporan dampak.
    • Gempa dirasakan cukup kuat di Sumba Barat selama± 5 detik, belum ada laporan dampak.
    • Gempa dirasakan cukup kuat di Sumbawa Barat selama ± 3 detik.
    • Gempa dirasakan sedang di Kota Mataram selama ±5 detik.
    • Gempa dirasakan di Kab. Dompu selama 5 detik, masyarakat sempat panik.
    • Gempa juga dirasakan sedang di sebagian besar wilayah Bali selama sekitar 5 detik. Masyarakat berhamburan ke luar rumah.

    Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan. Info mutakhir akan disampaikan segera jika ada laporan dari lapangan. Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada. Respon terbaik saat merasakan gempa adalah keluar rumah atau bangunan secepatnya dan berkumpul di tempat yang aman. (kmpscom/S13)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here