Fahri: Jokowi Pawang Hujan Koruptor

kasus korupsi jokowi
Fahri Hamzah. (Foto: Tempo)
2 minute read

“Tak ada ajaran maupun agama yang tak mengharamkan korupsi.” ~Sujiwo Tejo


PinterPolitik.com

Korupsi itu sebuah ajaran agama ya? Kok makin lama penganutnya makin banyak? Eh, apa memang dari dulu sudah banyak, hanya saja sekarang KPK makin galak? Hmmm..

Kalau kata Bang Fahri Hamzah, sekarang ini seperti sedang musim koruptor. Soalnya, dalam sebulan aja bisa ada empat pejabat desa yang tertangkap KPK. Weleh-weleh…

Fahri Hamzah, sebagai politikus sekaligus pengamat politik sepertinya sudah sangat resah dan gelisah dengan penangkapan kepala daerah yang makin marak di era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Terlebih saat koleganya, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan ditetapkan sebagai tersangka olek KPK.

Waduhh, Bapak aja yang baru melek sekarang kali… Eh tapi masa sih sudah bertahun-tahun di DPR nggak paham kalau kita itu salah satu yang indeks korupsinya buruk? Korupsi itu sudah menjadi bagian dari budaya kita loh. Hihihihi

Fahri mengklaim, kasus korupsi semakin subur terjadi di zaman Jokowi. Buktinya ada banyak penangkapan beberapa kepala daerah dalam rentang waktu yang sangat dekat.

Fahri pun membandingkan iklim pemerintahan Jokowi dengan presiden-presiden sebelumnya. Ia menyebut iklim di pemerintahan Jokowi sebagai iklim korupsi.

Nih, Bang Fahri yang terhormat. Coba deh sekali-kali dengarkan para koruptor ini curhat. Konon, korupsi di daerah itu sudah menjadi tradisi. Gubernur Jambi non-aktif Zumi Zola bahkan mengakuinya sendiri ketika menjadi saksi di persidangan.

Penulis dari Inggris bernama Charles Caleb Colton pernah bilang, Korupsi itu seperti bola salju. Sekalinya menggelinding akan terus membesar dan membesar. Jadi ya wajar aja, kalau dari satu kasus, terbongkar kasus korupsi lainnya.

Ya, presiden memang punya andil dalam menciptakan iklim anti korupsi. Tapi kan perlu dilihat juga fenomena koruptor tertangkap itu bagaimana dan seperti apa. Bisa jadi karena memang praktik korupsi makin marak. Atau bisa juga karena pemerintahan Jokowilah yang paling tidak ramah koruptor. Sehingga makin banyak yang tertangkap.

Nah, kalau menurut kalian, maraknya pejabat daerah yang kena OTT KPK termasuk prestasi Jokowi atau malah sebaliknya? (E36)