Esemka, Mobil Dinas Baru Jokowi?

Esemka, Mobil Dinas Baru Jokowi?
Jokowi dan Mobil Esemka (Foto: CNN Indonesia)
2 minute read

“Karakter bukan diajarkan lewat teori dan wejangan. Karakter diajarkan pakai teladan, dengan contoh nyata”. – Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta


PinterPolitik.com

Ada waktu untuk tertawa, ada waktu untuk menangis. Ada waktu di mana Jokowi harus memimpin, ada waktu di mana Jokowi harus dipimpin. Segala sesuatu ada masanya, begitu juga dengan mobil kepresidenan.

Kalau biasanya di tahun baru, kita ganti model rambut baru, beli baju baru, dan ganti pacar baru. Eaa. Eaa.

Nah, kalau Jokowi ini di kabinet barunya tuh yang diganti nggak tanggung-tanggung gengs. Dia ganti ibu kota baru dan ganti mobil baru. Eh tapi menteri-menterinya diganti sama yang baru juga nggak ya? Hehehe.

Ternyata, sudah sekitar 10 tahun loh guys, Toyota Crown Saloon G dipakai untuk mendampingi Presiden RI dan para pembantunya melakukan tugas negara.


Kalau buat anak-anak millenial mah wajar banget kalau Jokowi dan menteri-menterinya mau ganti mobil dinas yang baru. Soalnya udah nggak level cyin pake mobil zaman 10 tahun lalu. Apalagi Jokowi bilangnya mau punya menteri muda kan. Upss.

Cuma belum ditentukan juga sih mobil kayak apa yang akan digunakan Jokowi selama 5 tahun ke depan.

Nah, sejauh ini sih yang udah keliatan oleh publik tuh baru anggaran sebesar Rp 147 miliar dan pemenang tendernya aja, yaitu PT Astra International Tbk-Tso.

Usut punya usut, PT Astra Internasional Tbk-Tso aja hanya membawahi mobil-mobil Toyota, Daihatsu, Peugeot, dan Astra BMW.

Terus kalau mengikuti aturan dalam Keputusan Menteri Keuangan No 577/KM.6/2017, berarti antara Toyota dan BMW nih yang akan jadi kendaraan presiden periode selanjutnya nih.

Ngomong-ngomong soal mobil dinas, kenapa pemerintah nggak pake aja tuh mobil Esemka buat jadi mobil dinasnya presiden dan para pembantunya ya?

Daripada anggaran ratusan miliar itu masuk ke kantongnya pengusaha asing, kan lebih baik kalau masuk ke pengusaha lokal. Hehehe.

Padahal beberapa hari lalu kan, Jokowi juga pernah menasehati para emak-emak supaya pake produk-produk lokal Indonesia. Itu loh waktu Jokowi sindir emak-emak yang hobi beli tas-tas impor di Hari Diskon Nasional. Upss.

Fyi aja nih gengs. Presiden Rusia Vladimir Putin aja udah pakai mobil buatan dalam negeri sebagai mobil dinasnya loh. Itu tuh mobil Aurus Senat yang sering dipamer-pamerin sama Pak Putin.

Nah, harusnya pemerintah tiru sikap Putin yang jadi teladan untuk pakai produk lokal dong, biar rakyatnya makin cinta produk lokal. Hehehe. (R50)

Mau tulisanmu terbit di rubrik Ruang Publik kami? Klik di http://bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.

Facebook Comments