DPR Memecahkan Masalah ala Conan

Lora Fadil Tertidur Saat Pelantikan
Lora Fadil dan anggota dewan lainnya tertidur saat pelantikan (Foto : Ngopibareng.id)
2 minute read

“Finding the truth is what detectives live for.” – Detektif Kogoro Mouri


 PinterPolitik.com

Baru juga dilantik buat periode 2019-2014, 1 Oktober kemarin eh udah pada bobo cantik di Senayan.

Agaknya rakyat mesti pesimis deh akan kerja DPR RI untuk lima tahun mendatang. Gimana engga, kalo pembukaan periode aja udah pada ketiduran dan bolos.

Gedung DPR RI sepertinya sudah jadi daycare untuk anggota dewan generasi baru. Banyak anggota DPR yang beralasan bahwa sidang sampai malam, membuat mereka lelah sehingga sering tertangkap muka sedang tertidur.

Ya kalo bikin alasan yang wajar lah pak bu. Masa baru dilantik siang hari sudah ketiduran. Capek ngapain sih? Dandan dari kemaren sore? Oiya nyiapin kebaya sama make-up.


Terus bapak-bapaknya gimana? Ya sebelas dua belas, bedanya mereka ga nyiapain kebaya ataupun make-up.  

Yang lumayan apes mungkin Pak Lora Fadil pake tertangkap kamera ketiduran, setelah pamer beristri tiga. Alesannya kecapekan ga bisa tidur, rakyat kan jadi bertanya-tanya apa mungkin bapak kebanyakan ngopi malamnya.

Tapi kalau diperhatikan dengan seksama, generasi baru DPR ini mungkin memang kelelahan. Liat deh posisi tidur mereka tuh menunduk dan ada yang meyangga leher. Saya yakin mereka sedang memecahkan permasalahan negara layaknya Kogoro Mouri di Detective Conan.

Dalam anime Detective Conan, Kogoro Mouri seorang detektif swasta tanpa kemampuan terus-menerus tertidur. Tidurnya Kogoro ini bukan tanpa manfaat, pasalnya setiap dia tertidur berbagai kasus kejahatan berhasil dipecahkan. Walaupun memang dengan bantuan Conan Edogawa aka Shinichi Kudo.

Apapun itu kasus berhasil terpecahkan! Jadi mungkin Pak Lora Fadil dan anggota dewan lainnya sedang berjibaku menghadapi berbagai permasalahan di Indonesia. Mungkin dalam tidurnya, mereka mampu menemukan otak dibalik karhutla atau bahkan menghancurkan sindikat kriminal rahasia.

Bahkan mungkin mereka telah mengerahkan bala bantuan untuk meredamkan separatisme di berbagai daerah melalui alat komunikasi rahasia. Bisa jadi.

Tapi bedanya di anime ada Conan Edogawa yang beneran mecahin kasus. Nah, di DPR ini ada gak ya Conan-nya? Apa jangan-jangan isinya Kogoro Mouri semua? Banyak tingkah namun minim pencapaian. Agaknya, kita sendiri bakal butuh detektif untuk mengetahui bagaimana kinerja para wakil rakyat ini. (M52)

 

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut.