DPR Melawan, Susi Tak Aman?

DPR Melawan, Susi Tak Aman?
Susi Pudjiastuti memposting fotonya sedang mengupil sebagai tanggapan atas kritik DPR terkait PNBP (Foto: Twitter)
2 minute read

“Menterinya suka bakar kapal-kapal nelayan kita yang tidak dapatkan izin, kemudian dibakar. Banyak pemiliknya yang bunuh diri. PNBP Rp 900 miliar itu sangat kecil”. – Bambang Haryo, Anggota Banggar dari Fraksi Gerindra


PinterPolitik.com

Bukan namanya Susi Pudjiastuti jika tak mendapatkan sorotan pemberitaan publik. Yang terbaru, menteri nyentrik itu membagikan foto dirinya lagi ngupil lewat akun Twitternya untuk mengomentari kritikan Badan Anggaran (Banggar) DPR.

Seperti diberitakan, Kementerian Kelautan dan Perikanana (KKP) yang dipimpin Susi mendapat kritikan keras dari DPR. Dalam rapat dengan Banggar, KKP disebut mematok Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang terlalu kecil untuk tahun 2020.

Angka Rp 900 miliar memang yang dipatok oleh kementerian yang dipimpin oleh Susi itu dan menjadi yang paling kecil dibandingkan kementerian-kementerian lain yang rata-rata menargetkan angka di atas Rp 1 triliun.

Anggota-anggota Banggar juga menyebutkan bahwa tahun 2019 saja target PNBP perikanan hanya Rp 600 miliar. Angka tersebut baru menyentuh Rp 285 miliar per Juli 2019.


Hmmm. Heran deh sama anggota DPR ini. Jumlah segitu kan udah termasuk bagus untuk waktu setengah tahun. Lagian duit segitu dari sisi pendapatan negara kan. Hari gini nyari duit itu susah cuy.

Lha yang sering ngabisin anggaran buat hal-hal yang nggak jelas kan anggota DPR sendiri. Studi banding yang sebenarnya pelesiran, permintaan gedung baru yang mahal, dan segudang pengajuan anggaran lainnya yang nggak jelas ujungnya untuk kepentingan rakyat di bagian mananya.

Makanya Menteri Susi jadi sewot dikritik kayak gitu. Doi langsung deh posting foto lagi ngupil di akun Twitternya dengan caption: “Lagi asyik, ehhh ketangkep kamera. Tapi saya pikir ini keren, daripada BT. Ngupilnya di gedung DPR”.

Kan jadi ngeri masyarakat ngeliatnya. Upppss. Hehehe. Awas loh bapak-bapak anggota Banggar, entar pada ditenggelamin semua sama Bu Susi..

Lagian, Wapres Terpilih Ma’ruf Amin aja lewat kok waktu ngritik Bu Susi, apalagi DPR. Publik mungkin masih ingat bagaimana Ma’ruf Amin sempat menyebut akan mengevaluasi kebijakan di sektor kelautan dan perikanan di era Menteri Susi.

Tapi, bukannya membahayakan Susi, kayaknya hal tersebut nggak akan membuat posisi doi terganggu di kabinet. Bahkan, dirinya disebut-sebut besar kemungkinan bakal dipilih lagi oleh Presiden Jokowi pada periode kedua kekuasaannya.

Apalagi, Menteri Susi ini salah satu menteri yang paling populer. Jadi, hati-hati loh kalau ngritik doi. Nggak takut nanti ditenggelamkan netizen Indonesia yang budiman? Hehehe. (S13)

Mau tulisanmu terbit di rubrik Ruang Publik kami? Klik di bit.ly/ruang-publik untuk informasi lebih lanjut