Carat : US Navy – TNI

    Foto: commons.wikimedia.org
    2 minute read

    CARAT adalah program latihan rutin, yang digelar setiap tahun oleh US Navy bersama negara-negara di Asia Tenggara secara bergantian. Indonesia dan AS sudah 22 tahun menggelar latihan CARAT. Pada September 2017, rencananya kembali digelar di perairan Surabaya, Jawa Timur.


    PinterPolitik.com

    JAKARTA – Angkatan Laut Amerika Serikat sangat antusias untuk melanjutkan kerja sama di bidang pertahanan dengan Tentara Nasional Indonesia. Komandan Gugus Tugas 73 dari Angkatan Laut AS, Laksamana Muda Don Gabrielson, mengatakan, ada sejumlah kerja sama antara kedua negara, salah satunya latihan gabungan.

    Gabrielson menginformasikan, sekitar 200 kegiatan kerja sama  antara militer AS dan TNI yang akan dilaksanakan. Antara lain, latihan militer yang bertajuk “Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT)” dan program kunjungan dan pertukaran.

    Dikatakan, CARAT adalah program latihan rutin, yang digelar setiap tahun oleh US Navy bersama negara-negara di Asia Tenggara secara bergantian. Indonesia dan AS sudah 22 tahun menggelar latihan CARAT. Pada September 2017, rencananya kembali digelar di perairan Surabaya, Jawa Timur.

    Latihan CARAT tahun ini melibatkan satuan-satuan dari TNI AL dan Angkatan Laut AS. Selain keahlian dalam bertempur, latihan ini  untuk memelajari ancaman dari kejahatan maritim  di daerah perbatasan. Ancaman-ancaman tersebut, antara lain, terorisme, penangkapan ikan ilegal hingga kejahatan maritim lintas negara.

    Komandan Gugus Tugas 73 ini juga menekankan bahwa Angkatan Laut AS akan selalu menjadi mitra yang sepadan untuk Indonesia. Sebagai negara yang berdaulat, AS menghormati setiap kebijakan Indonesia, dan AS akan siap membantu jika memang diperlukan. (Berbagai sumber/A15)

    Share On

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here