Bupati Boyolali Numpang Tenar

Bupati Boyolali Numpang Tenar
Foto : Istimewa
2 minute read

“Moral sangat penting untuk umat manusia. Jangan sampai moral yang kalian miliki seperti para politisi digadai dan diobral!”


PinterPolitik.com

Bupati Boyolali, Seno Samodro yang mengkritisi pernyataan Prabowo Subianto soal “tampang Boyolali” yang dinilainya tidak bermoral. Soalnya, politisi PDIP itu menyebut Prabowo dengan sebutan “Prabowo as*”. Waduh, keras banget ya gengs!

Koordinator Komunitas Relawan Sadar Indonesia (Korsa), Amirullah Hidayat mengatakan, ucapan Bupati Boyolali yang menyebutkan Prabowo dengan kata-kata yang tidak elok itu merupakan pernyataan yang tidak bermoral dan melanggar etika pejabat publik.

Menurut Amir, bagaimanapun juga sosok seorang Bupati adalah pejabat publik yang menjadi contoh bagi masyarakatnya. Ini sama saja Bupati Boyolali mencap bahwa masyarakatnya tidak punya moral juga. Weleh-weleh.

Yoi lah, sepakat eyke. Masa sih seorang pejabat publik ngomongnya kayak begitu. Mbok, seharusnya dijaga gitu omongannya, pejabat publik kan harus menjadi contoh yang baik. Bukan malah mencontohkan yang tidak baik kepada khalayak umum. Kalau sudah tahu apa yang dibilang Prabowo itu menyakitkan, memangnya harus dibalas juga dengan kata-kata yang bisa bikin sakit juga? Ckckck.

Nah kalau menurut kalian gimana nih gengs, apa harus Bupati Boyolali ini diberikan teguran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sebagai pembina utama kepala daerah? Click To Tweet

Kalau menurut eyke sih harus banget gengs, bahkan jangan hanya sekedar diberikan teguran. Mendagri juga harus memberikan pendidikan bagaimana cara kepala daerah menghadapi peroalan seperti ini. Mungkin Mendagri bisa ngasih materi seperti ini:

Mendagri: “Bang harusnya jangan bilang gitu ke Prabowo, kurang layak bahasanya.”

Kepala daerah: “Nah, terus gimana?”

Mendagri: “Ya bilang aja gini: Prabowo jangan dong ngomong gitu! Emangnya enggak takut apa dikatain sama seluruh masyarakat Boyolali dengan ungkapan yang diucapkan bupatinya? Eh maaf ya pak Prabowo, ini seperumpamaan aja loh.”

Kepala daerah: “Lah iya ya, bener juga sampean pak! Tahu gitu sekalian aja kemarin saya bilang gini: ‘Prabowo, hati-hati jaga ucapanya, emangnya mau nanti dikatain balik sama masyarakat Boyolali dengan semua isi kebun binatang’?” Wkwkwk. (G35)