Balada Kivlan, Habil Marati Sukarela?

Balada Kivlan, Habil Marati Sukarela?
(Foto: Repelita Online)
2 minute read

“Uang yang diterima Kivlan diyakini diberikan secara sukarela oleh Habil. Tak ada imbalan apa pun yang diharapkan Habil.” – Muhammad Yuntri, Kuasa Hukum Kivlan Zen


PinterPolitik.com

Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen sudah mengkonfirmasi kalau dia benar menerima uang dari politisi PPP, Habil Marati. Pengacaranya, Muhammad Yuntri mengatakan bahwa uang sebayak 4000 dolar Singapura atau sekitar Rp42,2 juta itu tidak ada kaitannya  dengan pembelian senjata ataupun untuk membayar pembunuh bayaran.

Selain itu, Yuntri juga menegaskan bahwa uang tersebut diberikan untuk gerakan LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) secara sukarela.

Nah, menariknya Kivlan dan Habil ternyata baru saling mengenal sejak setahun yang lalu. Katanya sih mereka kenal lewat sebuah grup WhatsApp.

Wihh. Baik banget ya Pak Habil. Masih belum lama kenal tapi sudah sampe memberi uang 4000 dolar Singapura secara sukarela. Kenalan yuk pak sama aku. Hehehe.


Prabowo imbau para pendukungnya untuk tak ikut ke MK

Posted by Pinter Politik on Wednesday, June 12, 2019

Hmm. Tapi, apa sih sebenernya maksud dari kata “sukarela”-nya Pak Habil itu? Apa beneran sukarela, atau “suka rela”?

Soalnya, maknanya bisa beda loh. Kalau lihat di KBBI, kata “sukarela” berarti “dengan kemauan sendiri; dengan rela hati”.

Sementara, arti kata ”suka” adalah “girang hati; senang hati; mau; sudi; menaruh kasih”.

Sedangkan kata “rela” memiliki arti “bersedia dengan ikhlas hati; izin (persetujuan)”.

Nah, dengan melihat banyaknya makna dari kata-kata tersebut, dapat ditarik beberapa kesimpulan dari pemberian uang “sukarela” atau “suka rela” dari Habil ke Kivlan.

Pertama, bisa jadi Habil benar-benar memberikan uangnya secara sukarela dan bebas digunakan untuk apa aja oleh Kivlan Zen.

Sementara yang kedua, maksudnya itu suka-suka Kivlan Zen mau dipakai untuk apa uangnya, namun harus tetap dengan kerelaan alias izin dari Habil Marati terkait mau dipakai untuk apa. Hayoo, yang mana nih yang bener? Hehehe.

Kira-kira apakah itu “sukarela” atau “suka” dan “rela”, untuk saat ini hanya mereka dan Allah yang tahu. Sebagai netizen, kita cuma bisa menunggu hasilnya nanti. (R50)

Lagi ngomongin pemberian sukarela, jadi keinget sama Pak Bill Gates. Beliau ini seorang pebisnis dan filantropi terkenal di Amerika yang gak perlu dipungkiri lagi lah berapa banyak uang yang dia keluarkan setiap harinya untuk masyarakat yang membutuhkan. Kalau gak percaya monggo di google.