Artidjo Pensiun, Koruptor Kegirangan?

Terpidana kasus korupsi hambalang Anas Urbaningrum meninggalkan rutan KPK di Jakarta, Rabu (17/6).
Terpidana kasus korupsi Anas Urbaningrum. (Foto: ANTARA)
2 minute read

“Aku mengenali mereka yang tanpa tentara, mau berperang melawan diktator, dan yang tanpa uang mau memberantas korupsi”.~ Soe Hok Gie


PinterPolitik.com

Sudah pada dengar belum kalau hakim agung Artidjo Alkostar resmi pensiun per 22 Mei 2018? Ngomong-ngomong pada tahu nggak nih dia siapa? Ya, bisa dibilang beliau merupakan teror bagi para pelaku korupsi. Sangar banget cooyy kalo ngasih hukuman ke keruptor. Bayangin aja gaes, sama Soeharto aja doi berani, apalagi cuma sama koruptor sekelas ketua partai. Ntap soul!

Jadi ceritanya, setelah pensiun, kabarnya mantan Hakim Agung sekaligus Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung ini mau ngangon kambing aja di kampung. Terus gimana nasib para koruptor yang pernah dia adili? Girang banget dong ya? Hm, bukan cuma girang lagi…

Begini gaes, pensiunnya Artidjo ternyata menjadi ajang para terpidana korupsi untuk mencoba peruntungan. Mereka berbondong-bondong mengajukan PK ke Mahkamah Agung. Dimulai dari Anas Urbaningrum, yang mengajukan PK beberapa hari menjelang Artdjo pensiun. Btw, Anas itu yang dulu banding tapi hukumannya malah ditambah dua kali lipat itu, kan? Hihi, nggak tahu malu.

Sikap gesit Anas ini cukup menjadi inspirasi beberapa terpidana lainnya nih, beberapa orang terlihat menyusul, seperti Suryadharma Ali, Siti Fadilah Supari, sampai yang teranyar, Andi Zulkarnain Mallarangeng alias Choel, Jero Wacik, dan Muhammad Sanusi. Wahh, sepertinya ini akan menjadi tren baru di tahun ini sodara-sodara.

Baca juga :  Duterte, Politik dan Teror

Tentu sebagai masyarakat kita harus waspada dong gaes. Ya, semoga saja Mahkamah Agung bisa tahan godaan dan bersikap transparan dalam menangani PK yang bertubi-tubi dari para tikus rakyat itu.

Hm, mungkin kita memang harus sedikit kalem. Soalnya menurut Juru Bicara Komisi Yudisial, Farid Wajdi, PK merupakan hal yang lumrah dalam dunia hukum. Ia yakin kalau MA bisa membuktikan kredibilitasnya dengan tidak mengintervensi siapa pun termasuk para terpidana korupsi.

Baiklah kalau begitu, semoga saja ucapan doi benar adanya. Kita sebagai masyarakat harus mau ikut mengawal. Seperti yang dikatakan Babang Ganteng Kurt Cobain, vokalis Nirvana dari Amerika Serikat, bahwa tugas pemuda adalah memerangi korupsi. Kamu anak muda? Yuk, ikut berperang!! (E36)

Share On