Anies Tukang Tabrak Aturan

Anies Tukang Tabrak Aturan
Anies Tukang Tabrak Aturan
2 minute read

Sebagai Gubernur DKI yang baru, Anies Baswedan dikritik sejumlah pengamat karena terlalu sering membuat aturan yang menabrak peraturan sebelumnya. Anies tukang nabrak aturan?


PinterPolitik.com

“Itu (aturan ditabrak) semua adalah hal-hal yang eksisting (perlu dianalisis), dan seyogyanya dienforce (jalankan) oleh Pemda itu sendiri.” ~ Komisioner Ombudsman Adrianus Meliala

Entah apakah masih terbawa luka lama Pilkada DKI Jakarta dan masih kesal dengan pamor sang pendahulunya, maka Gubernur Anies Baswedan jadi senang merombak semua aturan yang pernah dibuat para gubernur sebelumnya. Tentu dengan mengatasnamakan ‘janji kampanye’ yang pernah ia buat dulu.

Segala peraturan, dari lalu lintas, urusan pertamanan, transportasi, hingga penataan Tanah Abang, ia rombak semua. Peduli setan dengan aturan yang ada, bahkan kalau pun kena protes sana sini. Selama rakyat “pemilih gue” senang, hajar saja. Mau benar, mau enggak, pokoknya hajaaarr! Takbiiir!

Padahal, bagus untuk pemilihnya, belum tentu bagus buat semua warga. Gubernur DKI kan milik semua warga. Masa main hantam saja, kasihan dong para petugas Kepolisian Lalu Lintas yang kebingungan karena ada aturan penutupan jalan sepihak. Kasihan para tukang sapu di Monas yang terpaksa kerja ekstra untuk ngumpulin sampah di mana-mana, karena Monas di copot pagarnya.

Kasihan para pengguna TransJakarta yang harus membeli kartu baru lagi yang lebih mahal harganya, juga kasihan para pengguna jalan bila harus tambah berdesakan dengan tukang becak. Apa yang kayak gini enggak dipikirin sebelumnya?

Menjadi pemimpin, bukan berarti punya kuasa untuk berlaku seenak perut, mengatasnamakan janji kampanyenya. Walaupun secara logis, bukannya menjadikan hidup di Jakarta menjadi mudah. Tapi menjadi makin rumit dan pusing, karena harus berhadapan lagi dengan berbagai peraturan baru yang pemberlakuannya dipaksakan.

Baca juga :
Peluang Marsekal Hadi Naik Panggung

Tak heran kalau bukan cuma Adrianus Meliala saja yang geleng-geleng kepala dengan sepak terjang mantan menteri pendidikan yang “ditendang” Jokowi ini, tapi para pengamat publik dan pengamat transportasi pun ikut uring-uringan dibuatnya. Tak pelak, Sutiyoso pun sampai-sampai ikut menegur aksi tabrak aturan Anies. “Nis, Anies, mau lo apa sih, Nis?” Begitu kira-kira keluhan Bang Yos. (R24)

Facebook Comments