Anies, si Malu-Malu tapi Mau

Anies Baswedan nyapres 2019
Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta. (Foto: MARTIRNKRI.com)
2 minute read

Malu aku malu pada semut merah, yang berbaris di dinding, menatapku curiga, seakan penuh tanya….” ~ Chrisye


PinterPolitik.com

Mengaku belum ada yang tawari nyalon di Pilpres 2019, tapi kok namanya terus disebut partai sana-sini? Tahu kan siapa orangnya? Yaaa… Anies Baswedan.

Gimana ya gaes, mungkin dia masih galau atau malu-malu, kan sampai sekarang masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan sudah terlanjur janji untuk memimpin Jakarta selama lima tahun ke depan. Wahh, padahal namanya juga sudah sering masuk dalam hasil sigi di beberapa lembaga survei, lho. Yakin nggak tertarik maju, Pak? Hehe

Ini bukan cuma soal hasil survei saja, lho. Beberapa partai juga terlihat kerap jodoh-jodohin Anies ke beberapa tokoh, mulai dari mantan Gubernur Jawa Barat sekaligus kader PKS Ahmad Heryawan, mantan Panglima TNI (Purn) Gatot Nurmantyo, sampai Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Ntap, ceritanya jadi rebutan atau begimana ini?

Waktu ditanya bagaimana tanggapannya jika ditawari nyalon, eh malah nyuruh untuk nanya ke partai. Kan yang dimintain pendapat itu Bapak, kalo dari partai kan sudah kelihatan ada beberapa yang tertarik. Aduh, Pak, mbok kalo ditanya jawabnya yang bener. Bikin eike gemes aja.

Beberapa waktu lalu Anies juga dikabarkan bertemu Ketua Umum PKS, Sohibul Iman di Kantor Dewan Pengurus Pusat PKS Jakarta. Lagi-lagi pas ditanya si Bapak nggak ngaku. Bilangnya nggak ada omongan soal pilpres.

Padahal Sohibul Iman sendiri sudah ngaku, lho. Aneh, apa jangan-jangan Bapak mau ngasih surprise lagi, ya? Seperti pemilihan gubernur dua tahun lalu gitu, yang tiba-tiba kok jadi calon gubernur? Kalau menurut kalian gimana, gaes? Sudah siap terkejut? Atau malah jadi basi, ya? Hehe

Emang kayaknya Pak Gubernur lagi tarik ulur deh, macam pas pendekatan sama gebetan gitu. Kalo ditanya media jawabnya malu-malu.

Tapi kemarin juga ada bocoran, katanya doi bisa jadi berubah pikiran kalau memang Prabowo dan para ulama yang meminta. Kalo dari pihak ulama sih ada beberapa yang “Yes”. Kalau Prabowo, kayaknya “Yes” juga deh. Kalo nggak masa tiba-tiba doi posting foto sedang bersama Anies dan Sohibul di akun Facebook miliknya? Ihh… pertanda banget, kan?

Ya, gini aja gengss, bagaimana pilihan Anies nanti, semoga saja tersimpan niat baik di dalamnya. Pilihan yang bukan sekadar buatan seorang politisi, tetapi juga negarawan. Seperti yang teolog dan pengarang, James Freeman Clarke pernah bilang, “Seorang politisi berpikir tentang pemilihan umum berikutnya; seorang negarawan berpikir tentang generasi yang akan datang.” (E36)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here