Andi Widjajanto ‘Kuncian’ Jokowi

Andi Widjajanto ‘Kuncian’ Jokowi
Mantan Sekretaris Kabinet, Andi Widjajanto dan Presiden Jokowi. (Foto: Tempo)
2 minute read

“Lebih baik memimpin dari belakang dan menempatkan orang lain di depan, terutama ketika Anda merayakan kemenangan, ketika hal-hal baik terjadi.” ~ Nelson Mandela


PinterPolitik.com

Tak asing rasanya mendengar nama Andi Widjajanto yang dulu sempat berada di pusaran kekuasaan Jokowi, namun tak lama menjabat, Andi harus puas didepak dari posisinya.

Terima atau engga, ya harus terima. Tapi yang jelas, Andi juga ga bisa juga ngungkit kemenangan Jokowi kalau adanya campur tangan dirinya. Masa mau mengungkit gituan, tak elok didengarnya. Kecuali kalau mentok, ga bisa berbuat apa – apa lagi sih, boleh aja deh, hmmmm.

Munculnya Andi jadi jagoannya tim Jokowi sih, harusnya ga bikin terkejut. Tapi pura – pura terkejut aja deh, wedeeewww. Andi Widjajanto dikabarkan akan mengambil alih komando untuk Tim Pemenangan Jokowi di Pilpres 2019.

Kabarnya sih, timnya udah terbentuk juga. Andi ga kapok apa ya? Siapa tau hanya ’dimanfaatkan’ untuk Pilpres 2019 aja? Setelah Jokowi nanti menang lagi gimana? Ahhh syudahhhlah. Tak apalah, anggap saja berbakti sama Jokowi lah ya. Dapet jabatan syukur, engga juga ya udah. Gitu kali ya, weleeeeh weleeeh.

Yang penting, peran Andi selalu jadi andalan Jokowi. Apalagi kalau urusan galang – menggalang dukungan dari tim sukses menjelang pemilihan. Weleeeeh weleeeeh, Andi kok ga kapok sih. Nanti udah cape – cape, eh ga dapet jabatan loh. Sekalinya dapet jabatan, palingan sebentaran kayak kemaren aja. Mau kayak begitu lagi emangnya? Ahhh syudahlah.

Kalau nantinya Andi udah ngurusin Jokowi sampe bisa menang, rutinitas Andi sih palingan nih ya bantu ngurus calon – calon menteri. Setelah itu, palingan Andi masuk ke dalam pemerintahan, tapi ga berlangsung lama. Sebab akhirnya, Andi lagi dan lagi harus didepak sama Jokowi.

Kemaren aja begitu kan? Andi emang mau mengulangi siklus yang sama? Saat Jokowi butuh, baru diberdayakan dan ‘upahnya’ diberikan jabatan. Tapi gak lama dari situ, ahhhh syudahlahhh, diganti sama kadernya PDI Perjuangan. Sanggup begitu?

Maklumlah, mungkin gara – gara tarik-tarikan sama Bantengnya terlalu kenceng kali ya, jadi Jokowi ga bisa berkutik lagi. Jadi Andi harus mengalah dan memakluminya, apa begitu? Entahlah.

Tapi yang jelas Andi selalu jadi ‘kunci kemenangan’ Jokowi, weleeeh weleeeh. (Z19)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here